TOP NEWS

Top

PKK Samarinda Konsisten Perhatikan Tumbuh Kembang Balita

PKK Samarinda Konsisten Perhatikan Tumbuh Kembang Balita

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Samarinda memberikan perhatian serius bagi masa tumbuh kembang anak. Hal ini dimaksudkan sebagai bagian dari upaya untuk mempersiapkan generasi bangsa yang baik untuk membangun bangsa, khususnya di Kota Samarinda.

Hal ini disampaikan Ketua TP PKK Kota Samarinda, Hj Rinda Wahyuni Andi Harun dalam sambutan tertulis yng dibacakan Wakil Ketua II TP PKK Kota Samarinda, Hj Rustinah Rasyid pada kegiatan pembinaan Bina Keluarga Balita (BKB) yang berlangsung di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda, Selasa (30/3/2021) pagi. Dalam kegiatan yang menghadirkan sejumlah pengurus TP PKK Kota Samarinda, PKK kecamaan, serta PKK kelurahan itu, dengan menghadirkan narasumber berkompeten dari Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Kaltim, Haniah.

"Peran seorang ibu itu sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Terutama yang masih berusia balita (bawah lima tahun, Red). Jadi harus dengan pola asuh yang baik," kata Rinda dalam sambutan tertulisnya.

Ia menjelaskan, BKB merupakan wadah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran ibu serta anggota keluarga dalam membina tumbuh kembang balita. Terutama melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, emosional, sosial, dan moral yang berlangsung dalam proses interaksi antar ibu atau anggota keluarga.

"Diharapkan dari kegiatan ini, kita bisa mengetahui pentingnya dibentuk kelompok BKB. Karena program BKB itu merupakan kegiatan khusus yang mengelola tentang pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar berdasarkan kelompok umur yang dilaksanakan sejumlah kader yang berada di lingkungan," tandasnya.

Di bagian akhir sambutan tertulisnya, Rinda yang merupakan istri Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun ini menyisipkan pesan bagi segenap warga untuk mendukung program 100 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda. Terutama penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi, penanganan kebersihan kota, penataan parkir dan Pedagang Kaki Lima (PKL), program Rp100-300 juta per RT, serta penanganan banjir.

"Semua ini hanya bisa terwujud dengan dukungan segenap masyarakat Kota Samarinda. Kita harus bisa bersinergi dengan Pemkot Samarinda, agar pembangunan bisa berjalan lancar," ungkapnya. (HER/KMF-SMD)