TOP NEWS

Top

310 PNS Pemkot Samarinda Diambil Sumpahnya, Wali Kota Pesan Disiplin dan Jaga Nama Baik Pemerintah

310 PNS Pemkot Samarinda Diambil Sumpahnya, Wali Kota Pesan Disiplin dan Jaga Nama Baik Pemerintah

SAMARINDA.KOMINFONEWS – Sebanyak 310 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemkot Samarinda mengikuti prosesi Pengambilan Sumpah atau Janji Pegawai Negeri Sipil (PNS), Jumat (10/12/2021).

Pengambilan sumpah sendiri dilaksanakan secara protokol kesehatan dan dilaksanakan secara virtual melalui Gedung Balaikota.

Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun yang memimpin langsung prosesi pengambilan sumpah pegawai ini dalam sambutannya mengatakan setiap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diangkat menjadi PNS wajib melakukan sumpah atau janji setia kepada Pemerintah Republik Indonesia dan mentaati segala peraturan perundang – undangan dan peraturan Pemerintah.

“Pengambilan Sumpah Janji PNS hari ini, wajib dimaknai sebagai bagian dari upaya pembinaan PNS sebagai Aparatur Negara dan abdi masyarakat agar PNS mempunyai kesetiaan dan ketaatan terhadap Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta memiliki mental yang baik, jujur, bersih, berdaya guna dan penuh tanggung jawab terhadap tugasnya dalam membentuk pemerintah yang profesional, transparan, akuntabel, dan bebas korupsi dengan memberi ruang bagi partisipasi rakyat guna mendorong terwujudnya Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban,” ujar Wali Kota.


Pengambilan sumpah dan janji sambung dia, jangan hanya menjadi seremonial saja, namun harus dicermati makna hakikinya yakni bagaimana setiap PNS mengerti dan sadar untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu berdasarkan aturan yang berlaku. Karena meski terus diingatkan tentang hak dan kewajiban serta larangan yang harus dijauhi, menurutnya masih masih ada saja PNS yang melanggar.

“saya tekankan disini bahwa kedisiplinan merupakan hal yang seharusnya melekat ke dalam diri setiap PNS. Tidak saja menyangkut pola kerja, melainkan juga tata cara berpakaian dan bersikap, baik di lingkungan kerja maupun masyarakat. Kepada semua pejabat eselon saya telah memberi instruksi untuk tidak segan memberi sanksi keras berdasarkan aturan yang berlaku, demi menjaga nama baik Pemerintah Kota Samarinda. Oleh karena itu, mari kita bangun komitmen bersama untuk bekerja dengan benar, mentaati peraturan yang berlaku, dan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Samarinda,” ucapnya.

Orang nomor satu di ibukota Provinsi Kalimantan Timur ini juga berpesan kepada PNS yang baru saja diambil sumpah dan janjinya agar dalam melaksanakan tugasnya harus tetap mengedepankan etika moral, kejujuran, keikhlasan dan memiliki rasa tanggung jawab serta terus meningkatkan kemampuan dan kualitas diri dalm arti meningkatkan pengetahuan serta keterampilan guna mendukung tugas pokok dan fungsi dari unit kerja masing – masing.

”Kembali saya ingatkan, bahwa sumpah yang saudara ucapkan tadi tidak hanya sebatas dilisan saja, tapi diresapi dan dihayati dalam hati kemudian di terapkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai PNS di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda karena kita berjanji kepada Tuhan,” tutup Andi Harun mengakhiri. (FER/CHA/KMF-SMD)