TOP NEWS

Top

Kota Samarinda Masuk Dalam Calon Nominasi Penerima Penghargaan APE 2021

Kota Samarinda Masuk Dalam Calon Nominasi Penerima Penghargaan APE 2021

SAMARINDA.KOMINFONEWS- Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Kota Samarinda mengikuti kegiatan verifikasi lapangan dalam rangka pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021.

 

Verifikasi ini sendiri dilakukan secara  virtual dan berlangsung di ruang Command Centre, Dinas Kominfo Samarinda, Senin (5/4/2021) siang.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun, Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda Sri Puji Astuti, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ananta Fathurrozi, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Abdullah dan Kepala Inspektorat Kota Samarinda Mas Andi Suprianto.

 

Perlu untuk diketahui, Kota Samarinda sendiri terpilih menjadi salah satu nominator calon penerima penghargaan APE Tahun 2021.

 

Dalam sambutannya, Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun mengatakan Penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan sebuah penghargaan bergengsi sebagai apresiasi bagi Kabupaten / Kota yang telah antusias mendokumentasikan dan menyampaikan informasi mengenai upaya dan hasil yang telah dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan anak.

 

"Saya atas nama Pemerintah Kota Samarinda menyambut baik dilaksanakannya verifikasi lapangan yang dilaksanakan kali ini, karena akan bisa menjadi tolok ukur perkembangan dan kemajuan pelaksanaan pengerustamaan gender disegala bidang pembangunan di Kota Samarinda," tuturnya.

 

Ia juga berterimakasih kepada semua OPD yang telah bekerja keras dalam membuat inovasi - inovasi program kegiatan seperti Sippeka (Sistem Informasi Pencatatan dan Pelaporan Kasus Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak), Puspaga Segar Waras, Gema Berlian Go Digital dan Pelayanan Disduk Capil serta masih banyak lagi.

 

"Sebenarnya tujuannya ini bukan semata hanya mengejar penghargaan, melainkan guna terwujudnya pembangunan yang berkeadilan bagi semua masyarakat." ungkapnya.

 

Karena verifikasi lapangan tadi bertujuan untuk mendapatkan data serta informasi tentang pengakuan gender, maka ia mengintruksikan kepada semua perangkat daerah agar bisa menyediakan data pilah gender yang dimaksud, “Sebab data dan informasi saat ini sangat penting baik bagi keperluan internal maupun eksternal," pinta wali kota mempungkasi. FER/CHA/KMF-SMD