TOP NEWS

Top

Gandeng BPSDMP Kominfo Regional Banjarmasin, Pelaku Usaha Mikro di Samarinda Bakal Dilatih Digital Enterpresip Akademi

Gandeng BPSDMP Kominfo Regional Banjarmasin, Pelaku Usaha Mikro di Samarinda Bakal Dilatih Digital Enterpresip Akademi

SAMARINDA .KOMINFONEWS - Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Regional Banjarmasin dan UPT Badan Litbang SDM Kemenkominfo RI melakukan lawatannya ke Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda. 

Kunjungannya kali ini diterima langsung oleh Wali Kota Samarinda  Dr H Andi Harun, di Balai Kota, Selasa (22/6/2021).

Rombongan BPSDMP Kominfo Regional Banjarmasin yang di pimpin oleh  Abdurahman Harahap menyampaikan tujuannya berkunjung ke Kota Samarinda untuk melaksanakan kegiatan Pelatihan Aps klinik untuk anak-anak lulusan SMK dan D3 jurusan IT yang akan dilaksanakan di Hotel Marcure Samarinda dari tanggal 12-16 Juli mendatang.

“kegiatan ini selain pembekalan juga uji sertifikasi yang bekerja sama dengan lembaga Sertifikasi Propesi (LSP), dimana nantinya diharapkan para pesertanya memiliki sertifikat yang dapat digunakan dalam dunia industri." Ucapnya.

Selain itu tambah dia, pihaknya juga akan melaksanakan pelatihan Digital Enterpresip Akademi yang dilaksanakan tanggal 13-15 Juli 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun pelaku usaha mikro untuk bertransformasi dari berdagang secara konvensional menuju digital.


“Kita mengajak pera pelaku usaha memanfaatkan IT untuk berdagang secara online. Dan anak-anak yang sudah mendapatkan sertifikasi akan di data oleh Kominfo untuk dimasukan pada program Pemerintah  yang namanya SiMonas Sistem Informasi monitor sertifikasi,” tuturnya lagi.

SiMonas sendiri merupakan suatu wadah  yang mempertemukan antara pekerja dengan pihak industri yang bertujuan untuk mengurangi pengangguran. 

Sementara, Wali kota Samarinda Dr H Andi Harun sangat mendukung dengan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh BPSDMP Kominfo Regional Banjarmasin.

"Kalau untuk kepentingan dan kemajuan  masyarakat  kota Samarinda saya selalu mendukung apapun kegiatannya, "ucap Andi Harun didampingi Kadis Kominfo Samarinda Aji Syarif Hidayatullah.

Karena sambung dia, dengan kegiatan ini pastinya akan membawa pelaku UMKM naik kelas, sedangkan bagi anak-anak yang lulusan IT bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan sertifikasi dan dapat memudahkan mereka mendapatkan lapangan pekerjaan di kemudian hari.(EKO/CHA/KMF-SMD)