TOP NEWS

Top

Bahas Masalah Banjir, Forum Ketua RT Loa Bakung Audensi Bersama Wawali Rusmadi

Bahas Masalah Banjir, Forum Ketua RT Loa Bakung Audensi Bersama Wawali Rusmadi

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Forum ketua Rukun Tetangga (RT) se Kelurahan Loa Bakung melakukan audensi dengan Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi yang berlangsung Rabu (17/11/2021) di ruang Sembuyutan, gedung Balai Kota.

Audensi yang melibatkan Lurah Loa Bakung dan Sekretaris Camat Sungai Kunjang ini membahas terkait masalah banjir yang sempat merendam puluhan RT di 11 titik genangan banjir pada bulan September lalu.

Wakil Wali Kota Rusmadi yang menerima audensi Forum RT tadi mengatakan jika persoalan banjir memang menjadi pekerjaan rumah (PR) yang sangat utama saat ini. Apalagi jelas dia disaat intensitas curah hujan yang sangat tinggi dan sistem drainase yang kurang baik maka akibatnya rata-rata sejumlah titik di kota Samarinda bakal mengalami genangan banjir.

Maka langkah Pemkot sendiri dalam menanggulanginya dengan melakukan tahapan-tahapan penanganan. Pertama, sebut dia melalui program Pro-Bebaya.


“Disini pemerintah melalui perangkatnya Camat, Lurah dan RT harus bergerak bersama warganya untuk peduli lingkungam dengan terus menerus menggalakkan budaya gotong royong membersihkan drainase maupun gorong-gorong,” pesan Wawali.

Karena sambung dia, ditahap infrastrukturnya, Pemerintah juga kini tengah bekerja membangun gorong-gorong dan pelebaran drainase dikawasan yang dianggap perlu perhatian khusus dalam penanganan volume debit air yang cukup tinggi saat turun hujan.

Upaya ini juga dilakukan secara maraton dikawasan lain, tujuannya untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat kota Samarinda.

“Saya bersama bapak Wali Kota Andi Harun sangat yakin bila Pemerintah dan masyarakat bisa berkerjasama untuk pembangunan kota ini, maka Insya Allah tidak menutup kemungkinan kedepan perlahan masalah banjir di Samarinda bisa kita tanggulangi bersama,” ungkapnya menutup. (HEN/CHA/KMF-SMD)