TOP NEWS

Top

Walikota Samarinda Pimpin Rakor Forkompinda Melalui Video Conference

Walikota Samarinda Pimpin Rakor Forkompinda Melalui Video Conference

SAMARINDA. Pemkot Samarinda  gelar rapat koordinasi (Rakor) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). Namun  rapat kali ini tidak seperti biasa,  dikarenakan adanya himbauan dari Pemerintah dalam mengurangi penyebaran Covid 19, maka Pemkot Samarinda mengurangi agenda rapat tatap muka    secara langsung, termasuk rapat Forkompinda melalui video conference.

 

Rapat yang difasilitasi Dinas Kominfo Samarinda melalui Video Conference ini dilakukan di beberapa tempat yang berbeda, diantaranya Command Center Dinas Kominfo Samarinda, Kantor Polresta Samarinda, Rumah Jabatan Walikota Samarinda, serta di rumah Sekretaris Daerah Samarinda, Rabu (18/03).

 

Walikota Samarinda, Syaharie Jaang yang berbicara di rumah jabatannya menyebutkan rapat kali ini sangatlah spesial. Karena dilakukan dengan jarak yang berjauhan.  Mengenai virus corona, menurut Jaang yang sangat terpenting selain menjaga diri, keluarga, serta lingkungan tidak mengadakan hubungan komunikasi  dengan pengerahan massa yang banyak dan yang terpenting ada sosialisasi dari instansi teknis seperti  Dinas Kesehatan agar masyarakat tidak resah.

 

Jaang mengatakan dengan adanya himbauan kepada  siswa-siswi untuk belajar di rumah agar tidak sampai dimanfaatkan oleh anak-anak untuk liburan ke mall, warnet, serta tempat-tempat keramaian yang lain. 

 

“Para orang tua harus mengawasi anak-anaknya di masa libur ke sekolah ini agar tetap belajar di rumah. Jangan keluyuran,“ tambahnya.

 

Sementara Wakil Walikota Samarinda, M Barkati yang berbicara di Command Center Dinas Kominfo  manambahkan masukan agar seluruh bangunan OPD di lingkungan Pemkot Samarinda, serta tempat-tempat  umum yang banyak dikunjungi masyarakat agar menyiapkan wastafel dengan tujuan membiasakan diri agar selalu menjaga kebersihan, terutama dengan mencuci tangan.

 

Sedangkan Kapolresta Samarinda yang berada di Kantor Polresta manyampaikan dalam menyikapi virus corona dengan melakukan pemeriksaan suhu badan kepada anggota dan masyarakat yang berurusan di Polresta, serta menyiapkan cairan hand sanitizer.

 

Sekda Kota Samarinda, Sugeng Chaeruddin menyampaikan informasi yang diterimanya bahwa Pemkot Samarinda bergerak cepat dalam menangani penyebaran virus corona dengan meliburkan anak-anak sekolah (belajar di rumah) selama 14 hari, serta mempekerjakan ASN dan Non ASN di rumah yang mana ini dapat membantu menghambat penyebaran Covid-19. (KMF10)

 

Penulis: Eko —Editor: Doni