TOP NEWS

Top

Rakor Pengendalian Inflasi, Pekan Depan Wali Kota Diundang Presiden Bahas Ekonomi Indonesia

Rakor Pengendalian Inflasi, Pekan Depan Wali Kota Diundang Presiden Bahas Ekonomi Indonesia

SAMARINDA.KOMINFONEWS-Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI kembali menggelar rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi diawal tahun 2023. Rakor yang berlangsung secara virtual ini dihadiri para kepala daerah di seluruh provinsi dan kabupaten kota se Indonesia.

Rapat sendiri dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian, Senin (9/1/2023) pagi.

Dalam arahannya Tito berpesan kepada peserta rapat online pagi itu, agar pemerintah daerah jangan pernah bosan untuk mengikuti rakor tadi yang tujuannya untuk menginformasikan mengenai pengendalian inflasi di daerahnya masing-masing.

Karena jelas dia, saat ini masalah ekonomi dan inflasi masih menjadi tantangan global bagi seluruh negara di dunia.


β€œBahkan saya beserta menteri lainnya baru saja menjalankan tugas kenegaraan ke luar negeri, di Brusel lampu-lampu jalan ketika malam hari banyak di matikan demi menghemat energi karena lonjakan harga energi yang luar biasa tinggi akibat perang Rusia dan Ukraina,” celetuknya.

Sementara, terkait rakor pengendalian inflasi yang berlangsung setiap pekan, aku Mendagri mendapat apresiasi dari Presiden RI Joko Widodo. Bahkan menurut Presiden hasil rakor yang dilakukan setiap Minggu tadi, kini kepala daerah mulai mengerti secara mendalam terkait inflasi. 

β€œHasil komunikasi saya bersama Presiden belum lama ini beliau mengakui rapat pengendalian inflasi yang kita laksanakan setiap hari Senin menurutnya sangat bagus. Karena ketika beliau melakukan kunjungan kerja ke daerah seperti Provinsi Riau, Bima dan NTB belum lama ini, pak Presiden selalu mengecek pengetahuan kepala daerah tentang inflasi, dan hasilnya menunjukan trend positif karena banyak yang ngerti begitu pun dengan harga kebutuhan pokok juga mulai stabil,” tutur Tito.


Hingga akhirnya lanjut Mendagri, Pekan depan Presiden berencana mengundang seluruh kepala daerah agar hadir secara langsung untuk melaksanakan rapat koordinasi sehari full guna membahas masalah kondisi ekonomi dan pengendalian inflasi Indonesia. 

β€œWaktu dan tempat kami dari Kementerian masih mengatur menyesuaikan jadwal Presiden, nanti undangan rapatnya langsung akan kita kirimkan ke masing-masing daerah,” ungkapnya.

Hadir dari Pemkot Samarinda dalam rakor secara virtual ini,Plt Asisten II Sam Saimun, Staf Ahli Bidang Pemeritahan, Hukum, dan Politik Dadang Airlangga Nopandani didamping Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat kota Samarinda Yuyum Puspitaningrum. (CHA/KMF-SMR)