TOP NEWS

Top

7025 Siswa dan Siswi TK dan Paud Se-Kota Samarinda Ikuti Manasik Haji Cilik

7025 Siswa dan Siswi TK dan Paud Se-Kota Samarinda Ikuti Manasik Haji Cilik

SAMARINDA.KOMINFONEWS - Praktik merupakan pola pendidikan yang sangat efektif bagi siswa yang sedang tumbuh di usia emas. Ada sebanyak 7025 Taman Kanak-kanak (TK) dan Paud Se-Kota Samarinda mengikuti kegiatan Manasik Haji Cilik di Masjid Islamic Center, Selasa (15/8/2023).

Tentu saja tujuan manasik ini untuk memberikan pengetahuan kepada anak usia dini tentang tata cara menunaikan rukun melaksanakan ibadah Haji.

Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Pemerintahan Kota Samarinda Ir Heri Suriansyah mengatakan, acara ini ditujukan agar anak lebih dekat dengan Penciptanya walaupun masih dalam usia dini.


"Mengajarkan anak untuk manasik Haji merupakan pondasi dalam meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT." Kata Heri

Lebih lanjut disampaikan, praktik haji merupakan sarana efektif dalam memudahkan pembelajaran. Praktik juga merupakan hal utama dalam standar proses pembelajaran pada satuan pendidikan yang diselenggarakan secara interaktif memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.

“Tentu kita berharap ke depan, anak-anak yang tumbuh dewasa sudah tertanam keinginannya untuk melaksanakan naik haji sebagaimana rukun Islam kelima, selain itu juga membantu anak-anak dalam melatih monotorik otak sehingga cepat tanggap dalam melakukan tahap-tahapan proses pelaksanaan Haji ,” Tuturnya


Sedangkan Bunda Paud yang juga Ketua PKK Kota Samarinda Hj Rinda Wahyuni mengungkapkan seperti lazimnya warga berangkat haji, pada manasik haji cilik ini diperkenalkan juga urut-urutan jika seseorang dipanggil untuk menunaikan rukun Islam kelima. Mulai dari pembagian rombongan kloter, Wukuf di Arafah serta Thawaf ifadah.

"Manasik haji merupakan wahana efektif pengenalan ibadah haji kepada anak-anak sejak dini, bagaimana sebenarnya pelaksanaan ibadah haji, dan apa saja yang harus dilakukan. Sehingga akan terus diingat-ingat ketika dewasa nanti,” Pungkasnya. (BAR/KMF-SMR)