TOP NEWS

Top

Rinda Wahyuni : Semoga Samarinda Juara I Lomba PHBS-LBS dan Posyandu

Rinda Wahyuni : Semoga Samarinda Juara I Lomba PHBS-LBS dan Posyandu

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Walaupun memang tujuan utama bukan lomba, namun Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesehatan Keluarga (PKK) Kota Samarinda Hj Rinda Wahyuni Andi Harun berharap para wakil Samarinda bisa juara I pada lomba Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) tingkat Provinsi Kaltim kategori lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Lingkungan Bersih Sehat (LBS) serta Lomba Posyandu.

“Memang tujuan utama kita bagaimana warga bisa menjadikan sebuah kebiasaan dalam berperilaku hidup bersih dan sehat. Namun menjadi juara I dalam lomba ini juga harapan besar kami. Selain karena saya baru sebagai Ketua TP PKK Samarinda, juga untuk memotivasi para kader dan masyarakat serta menjadi virus positif bagi yang lainnya,” ungkap Rinda dalam kesempatan penerimaan Tim Verifikasi Lomba UKBM kategori Lomba PHBS-LBS dan Lomba Posyandu tingkat Provinsi Kaltim di PT SAL, Rawa Makmur, Palaran, Rabu (1/12/2021) pagi.

Tim di bawah komando Abdul Syahran dari unsur PKK Provinsi Kaltim dalam sehari akan melakukan verifikasi Lomba PHBS dan LBS di Kelurahan Rawa Makmur sebagai wakil Samarinda, dan selanjutnya ke Posyandu Turi Putih Perumahan Bengkuring Sempaja Timur, Samarinda Utara untuk lomba Posyandu.

Rinda mengatakan, peranan PKK dalam menciptakan PHBS dan LBS serta Posyandu yang aktif bukan hanya untuk lomba-lomba saja.


“Kita para pengurus PKK akan terus mengedukasi dengan berbagai cara sehingga warga bisa semangat, antusias, dan tentunya muncul dari kemauan sendiri untuk ber-PHBS dan menciptakan kampung LBS. Di sini juga besar peranan dari Dasa Wisma. Makanya setiap ketemu ketua RT, saya selalu tanyakan, apa sudah membentuk Dasa Wisma,” imbuh isteri orang nomor satu di Kota Samarinda ini.

Hal senada disampaikan Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda Dr H Rusmadi yang dalam kesempatan itu mewakili Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun. Rusmadi mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda tanpa adanya lomba ini juga terus menggerakkan warganya untuk senantiasa ber-PHBS dan menciptakan LBS. 

“Pak Wali Kota juga mengeluarkan instruksi kepada seluruh camat, lurah dan pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah, Red) untuk menggiatkan gotong royong minimal dua kali dalam sebulan,” ungkap Rusmadi yang juga Ketua TP UKS Samarinda ini.

Bahkan lanjut Rusmadi, melalui Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Pro Bebaya) melalui anggaran Rp100-300 juta tiap RT bisa mendukung PHBS dan LBS. 

"Untuk menggerakkan masyarakat dalam membangun Kota Samarinda yang bersih dan sehat dimulai dari satuan kecil, mulai dari lingkungan keluarga rumah tangga hingga RT dan tentunya perlu dukungan semua pihak karena pemerintah tidak bisa sendiri. Salah satunya seperti hari ini dukungan dari PT SAL. Jadi dukungan semua pihak juga sangat penting,” beber Rusmadi.


Rusmadi mengatakan dengan kunjungan verifikasi lomba ini, menjadi motivasi bagi Pemkot Samarinda untuk terus bergiat diri dalam rangka membangun Samarinda sebagai kota yang bersih, sehat, nyaman, harmoni, dan lestari sesuai dengan misi Kota Samarinda dalam membangun Samarinda sebagai kota pusat peradaban.

“Kalau Pemprov memberikan juara I, itulah bonus. Alhamdulillah. Tapi, tanpa lomba, Insyaallah kita akan terus berupaya membangun lingkungan bersih dan sehat. Dan dengan juara, tentunya menjadi motivasi,” pungkas Rusmadi.

Sebelumnya, Ketua Tim Penilai Abdul Syahran mengatakan mereka akan melakukan verifikasi di Kota Samarinda, yang mana sebelum mereka melakukan verifikasi di Samarinda, yang bersaing adalah Balikpapan dan Bontang.

“Mari berdoa, agar Samarinda bisa menjadi yang terbaik di Kaltim. PHBS dan LBS Palaran Samarinda bisa menjadi juara I dan juga Posyandu Turi Putih. Berdoa untuk yang terbaik dan kami tugasnya melakukan verifikasi,” ungkap Syahran dari unsur TP PKK Kaltim yang dalam kesempatan itu didampingi Kabid Pemberdayaan Kelembagaan Sosial Budaya Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Noor Fathoni dan Hartoyo dari Dinas Kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama, Rinda Wahyuni juga memberikan hadiah tambahan kepada juara I lomba PHBS-LBS yang menjadi wakil Samarinda ini berupa sound system. Sebelumnya juga sudah diberikan hadiah berupa uang tunai senilai Rp3 juta. (DON/HER/KMF-SMD)