TOP NEWS

Top

Selama Dua Puluh Tahun Memimpin, Jaang Telah Meletakan Dasar Kondusifitas Kota

Selama Dua Puluh Tahun Memimpin, Jaang Telah Meletakan Dasar Kondusifitas Kota

SAMARINDA-Sekretaris Daerah Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin mulai hari ini, (17/2) secara resmi menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Samarinda.

 

Mengingat SK penunjukan peralihan tugas tadi diberlakukan sejak Syahrie Jaang beserta M Barkati telah memasuki purna tugas sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda .

 

Serah terima jabatan sendiri dilakukan di aula rumah jabatan Wali Kota Samarinda, Jalan S Parman, disaksikan para pejabat di lingkungan Pemkot Samarinda serta para pegawai secara virtual.

 

Mengawali sambutannya, Sugeng Chairuddin mengakui jika jabatan sebagai plh Wali Kota Samarinda sebenarnya bukan pertama kali ia emban. Melainkan sewaktu Syaharie Jaang masih menjabat, ia kerap mendapat amanah sebagai Plh ketika wali kota dan wawali menjalani tugas keluar daerah.

 

“Bedanya sekarang di SK kan oleh Gubernur, tapi tetap tidak boleh mengeluarkan kebijakan yang sesuai tupoksi tugas Wali kota sesungguhnya. Karena saya harus tetap berkoordinasi dengan wali kota terpilih bapak Andi Harun,”tutur Sugeng.

 

Mantan Kepala Bappeda ini mengakui dengan purna tugasnya Syahari Jaang dan M Barkati sebagai Wali Kota dan Wawali, ia merasa ada yang kurang dalam ruang lingkup kerja. Karena selama ini ia menganggap Jaang sebagai mentor dan juga kakak.

 

“Karena jujur saya orang yang paling sering berkoordinasi dan curhat dengan beliau, baik itu urusan pekerjaan, politik hingga juga keluarga.”akunya.

 

Ia menambakan selama dua puluh tahun menjabat, Syaharie Jaang merupakan pemimpin yang dianggap berhasil meletakkan dasar kondusifitas sebuah kota. Artinya sambung Sugeng, selama 20 tahun ini tidak pernah terjadi gesekan-gesekan yang mempengaruhi kondusifitas di kota Samarinda.

 

“Mungkin kalau ada pemimpin yang punya misi membangun infrastruktur kota dengan gedung-gedung bertingkat itu sudah biasa. Tapi yang bisa mengayomi warganya untuk duduk berdampingan tanpa perpecahan itu cuma hanya ada di sosok kepemimpinan Syaharie Jaang sebagai Wali Kota. Beliau lah yang meletakan dasar itu di kota ini hingga 20 tahun kota Samarinda selalu kondusif dan aman,”aku Sugeng. Cha/KMF-Smd