TOP NEWS

Top

Hadiri Paripurna, Wali Kota Tegaskan Banjir Jadi Program Prioritas

Hadiri Paripurna, Wali Kota Tegaskan Banjir Jadi Program Prioritas

SAMARINDA. DPRD Kota Samarinda, Jumat (30/4/2021) malam menggelar Rapat Paripurna Masa Persidangan I Tahun 2021 dengan agenda Penyampaian Rekomendasi DPRD Kota Samarinda Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Samarinda Tahun Anggaran 2020, dan Persetujuan Bersama Terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kumulatif Terbuka Tahun 2021.

 

Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun menyebut ada tiga poin catatan strategis yang direkomendasikan DPRD. Pertama, DPRD menilai Pemkot belum serius dalam menangani banjir, kedua penerangan jalan, dan ketiga meminta kepada Pemkot agar berjuang mendapatkan APBN.

 

"Pertama-tama Pemkot mengucapkan terima kasih atas saran dan rekomendasi dari teman-teman Pansus LKPj yang kemudian menjadi rekomendasi DPRD. Banjir adalah prioritas kita dan tahun ini kita sudah mulai melaksanakan penanganan banjir di beberapa titik yang selama ini kerap jadi langganan banjir," kata wali kota.

 

Ada tiga titik yang diutamakan di Tahun 2021 yakni simpang empat Lembuswana, simpang empat sempaja, Jalan DI Panjaitan.

 

"Saya berharap kepada seluruh warga Kota Samarinda, mohon bersabar karena di dalam kegiatan pengendalian banjir memang membutuhkan anggaran yang cukup besar. Berbeda kalau bicara masalah pengendalian sampah, dananya cukup terbatas tetapi kita bisa dijalankan. Apalagi dibantu dengan sinergi masyarakat, Insyaallah Samarinda akan bersih," kata Andi Harun.

 

Selain pengendalian banjir, Pemkot juga akan fokus pada penerangan jalan dalam kota, karena dinilainya Samarinda masih minim penerangan.

 

"Insyaallah di APBD Perubahan, kita sudah mulai mencicil karena anggaran terbatas jadi kita bagi-bagi ada sebagian banjir, ada sebagian penerangan, dan ada sebagian kebersihan," pungkasnya. (BAR/HER/KMF-SMD)