TOP NEWS

Top

Wali Kota Samarinda Launching Kios Inflasi Digital

Wali Kota Samarinda Launching Kios Inflasi Digital

SAMARINDA. KOMINFONEWS  -  Dalam pelaksanaan Hackathon 3.0 yang menjadi gagasan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda, Wali Kota Samarinda  Dr H Andi Harun melaunching kios inflasi digital yang bertempat di  Swiss-Belhotel Borneo Samarinda, Jalan Mulawarman Samarinda, Sabtu (4/12/2021) pagi. Kegiatan ini juga dirangkai dengan Talkshow Peningkatan Kapasitas UMKM, Penyerahan Bantuan Kepada Pelaku UMKM, Expo UKM ASEPHI, dan fashion show.

Kepala Diskominfo Kota Samarinda Dr Aji Syarif Hidayatullah mengatakan kegiatan ini berkolaborasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dan pelaku UMKM Kota Samarinda.

"Samarinda Hackathon 3.0 adalah kompetisi star up wirausaha baru yang pada tahun 2021 gerakan yang ketiga kalinya dan bertujuan mencari wirausaha baru (start up)  yang mampu tumbuh dari kelas mikro menuju kecil yang memanfaatkan teknologi informasi," ujar Dayat sapaan akrabnya.


Dalam rangka menyukseskan penumbuhan 10.000 wirausaha di Kota Samarinda, Dinas Koperasi dan UKM telah melakukan pelatihan sebanyak 155 pelaku wirausaha mikro dengan harapan nantinya dapat menjadi wirausaha kecil dan menengah dengan memberikan edukasi kelembagaan, keuangan, pelatihan merketing, promosi pemasaran, desain produk serta pemasaran pruduk. 

Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun mengatakan launching kios Inflasi digital ini nantinya ada tim inflasi daerah dan tim inilah yang melakukan memonitor dan mengawasi serta mengendalikan. Dan ini merupakan inovasi baru agar kondisi inflasi kita tetap terjaga dengan baik.

"Aplikasi ini nantinya dapat digunakan oleh pemerintah dan masyarakat umum yang nantinya akan disosialisasikan oleh Dinas Perdagangan secara masif dan akan memudahkan warga lebih mudah mengetahui stok dan harga sembako  yang ada di pasar," ungkap Wali Kota.

Aplikasi ini juga lanjut dia, berfungsi  untuk  memastikan pasokan, distribusi, dan pengendalian harga.

Setelah memberikan sambutan, di bagian akhir Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun memberikan bantuan kepada beberapa UMKM dan menyerahkan hadiah pemenang Samarinda Hackathon 3.0. (EKO/HER/KMF-SMD)