TOP NEWS

Top

Samarinda Komitmen Sukseskan Satu Data

Samarinda Komitmen Sukseskan Satu Data

SAMARINDA. Usai melaksanakan kegiatan sosialisasi penguatan data se-Kecamatan dan Kelurahan melalui Profil Desa Kelurahan (Prodeskel) beberapa waktu lalu, Kali ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda kembali menyelenggarakan acara penandatanganan komitmen mensukseskan Satu Data Indonesia dan Satu Data Samarinda, Selasa (23/07).

Acara yang digelar di Aula Rumah Jabatan Walikota Samarinda dikemas dengan Penandatanganan Komitmen Mensukseskan Satu Data Indonesia, Sosialisasi Peraturan Presiden tentang Satu Data Indonesia oleh narasumber tenaga ahli kantor Staff Kepresidenan Anggit Prasidha, Peran BPS dalam Mendukung Satu Data Indonesia dari kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Timur Atqo Mardiyanto.

Mewakili Walikota Samarinda Syaharie Jaang, Sekretaris Daerah Kota Samarinda Sugeng Chairuddin mengatakan Presiden RI telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) diantaranya Satu Peta Indonesia, Satu Data Indonesia dan Satu Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik.

Menurutnya, ketiganya harus dipenuhi dan tidak ada lagi alasan OPD tidak mau melaksanakannya.

“Satu data Indonesia ini sudah merupakan keharusan karena ada Perpresnya, sehingga kita di daerah wajib untuk menindaklanjuti, di kota Samarinda kita sudah menindak lanjuti dengan Perwali. Semoga dengan kegiatan ini masing-masing OPD dapat terintegrasi datanya dan kebutuhan pelaksanaan pembangunan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya”, terang Sugeng di hadapan kepala OPD beserta seluruh Camat dan Lurah se-Kota Samarinda.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Samarinda Aji Syarif Hidayatullah mengungkapkan tahun 2019 mengembangkan Program SI PeSSUT (Sistem Informasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Universal Terintegrasi) dan akan menjadi satu–satunya portal penginputan data Kota Samarinda yang datanya dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat dan juga melakukan integrasi antara SI PeSSUT dengan SIMDASI milik BPS.

“Di BPS Nasional kami pernah diundang untuk menyampaikan bagaimana SI PeSSUT bisa terintegrasi dengan SIMDASI yang ada di BPS Pusat,” ucap Dayat biasa Aji disapa. (kmf13)

Penulis: Ferdi --Editor: Doni