TOP NEWS

Top

Samarinda Tampil Memukau Di Solo Batik Carnival XII

Samarinda Tampil Memukau Di Solo Batik Carnival XII

SOLO. Tim Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Samarinda tampil memukau pada agenda tahunan Solo Batik Carnival XII di kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (27/7).

Carnaval budaya ini dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Walikota Samarinda Syaharie Jaang pun ikut hadir memberikan semangat sekaligus mempromosikan Samarinda, juga ketua  Dekranasda Kota Samarinda Puji Setyowati. 

Dekranasda Kota Samarinda turut serta berpartisipasi untuk promosi nasional yang unik untuk Batik Samarinda dan Sarung Samarinda.

"Alhamdullilah saya bangga dan apresiasi kepada tim kreatif yang sudah tampil dan mempersiapkan diri mengikuti SBC tahun 2019 ini, apalagi Pak Walikota dan Pak Sekda, serta jajaran pejabat pemkot juga ikut menyaksikan," kata Puji yang juga isteri Walikota Samarinda.

Tampil memukau publik Solo dengan konsep kolaborasi antara budaya dan karnaval, tim Samarinda menurunkan 7 kostum dan motif Batik Samarinda dan motif Sarung Samarinda, serta 3 penari Dayak Bahau dengan Tari Gong memikat.

"Mengagumkan dan amazing tim kita tampil dengan percaya diri tinggi di panggung, serta keunikan yang khas membuat warga Solo turut memberikan applause yang luar biasa terutama saat parade pawainya" lanjut Puji penuh semangat.

Bahkan bukan itu saja, lanjut Puji mereka juga surprise dan terkejut ternyata ketua harian yang juga Kepala Dinas Perindustrian (M Faisal, red) ikut tampil dengan busana karnaval yang menarik.

"Kami kaget juga ternyata Pak Faisal tampil dengan busana karnaval burung Enggang namun tetap tidak terlihat seperti talent umumnya, karena ada busana semi formalnya sebagai art director, luar biasa," tutur Puji  menjelaskan kepada awak media.

Sementara di panggung VIP sempat pula Walikota Samarinda memberikan kalung manik dan gelang manik tanda persahabatan khas suku Dayak Bahau kepada Wakil Walikota Solo (Surakarta, red) Achmad Purnomo dan istri.

"Di sela tampilan tim Samarinda, Pak Jaang memberikan kalung manik dan memasangkan gelang manik khas sebagai tanda persahabatan Kota Solo dan Kota Samarinda kepada Wakil Walikota Solo," pungkas Puji.(kmf2)

Penulis/Editor: Doni