TOP NEWS

Top

Samarinda Hackathon 3.O Dukung Penciptaan 10.000 StartUp, Kini Masuki Tahapan Pitching

Samarinda Hackathon 3.O Dukung Penciptaan 10.000 StartUp, Kini Masuki Tahapan Pitching

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Setelah kick off  20 September secara online, Samarinda Hackathon 3.O tahun 2021 kini memasuki tahapan Pitching Offline yang dibuka Asisten I Sekretariat Kota Samarinda Dr H Ridwan Tasa di ruang Command Center, Selasa (26/10/2021).

Kepala Dinas  Kominfo Kota Samarinda Dr Aji Syarif Hidayatullah melaporkan  kegiatan Hackathon kali ini penyelenggaraan yang ke 3 kalinya dan  mengangkat tema "UMKM Samarinda Bangkit ditengah Pendemi Menuju Penciptaan 10.000 Wira usaha (start up), dimana menyesuaikan dengan visi misi Wali Kota dan wakil wali kota Samarinda, salah satunya untuk menciptakan 10.000 Wira usaha baru dan mempercepat pemulihan ekonomi.


“Hackathon 2021 ini  diikuti  20 Tim yang telah lolos melewati seleksi. Kegiatan pitching offline ini dilaksanakan 26-27 Oktober 2021,” terang Dayat sapaan akrabnya.

Adapun rincian rangkaian pendaftaran dan submit proposal 17 September– 9 Oktober 2021, penilaian proposal oleh tim 11 Oktober – 15 Oktober 2021. Sedangkan pitching offline 20-21 Oktober secara online, pendampingan pengembangan produk 25 Oktober – 19 November, dan Demo Day 25 November 2021.

Karena tujuan menciptakan 10.000 start up baru, lanjutnya kegiatan kali ini merupakan kerja bersama dengan OPD teknis seperti Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo dan Kecamatan. Juga didukung para praktisi atau ahli dan dunia usaha baik Bank Kaltimtara, perusahaan retail dan lainnya.

Adapun total hadiah dalam kompetisi ini bernilai Rp 30 juta.

Sebelum membuka Ridwan menyampaikan sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Dinas Kominfo kota Samarinda,  dimana masa sekarang ini sangat banyak perubahan dan apabila tidak mengikuti perubahan tersebut maka akan tertinggal, seperti contoh kecilnya saja saat ini belanja tidak perlu lagi meninggalkan  rumah dengan menggunakan berbagai aplikasi teknologi yang telah diciptakan. 


“Pemerintah Kota Samarinda harus mengikuti perkembangan saat ini dan saya bangga dengan Dinas Kominfo Kota Samarinda  yang telah melakukan inovasi-inovasi yang tiada henti seperti melaksanakan kegiatan ini yang mana menyesuaikan visi misi pemerintah kota Samarinda untuk berusaha agar kita melakukan perubahan untuk mewujudkan Samarinda sebagai kota peradaban,” tambah Ridwan.

Ia berharap kegiatan ini diikuti dengan sungguh-sungguh  sehingga dapat menghasilkan langkah-langkah kongkrit  dalam mewujudkan pengusaha-pengusaha baru yang ditargetkan oleh  pemerintah Samarinda.

“Mari kita ciptakan warga kita yang tidak  kaku didalam melakukan upaya-upaya pembenahan ekonomi. Saat ini kita berusaha memulihkan ekonomi kembali dengan berbagai program-program sehingga melahirkan sesuatu yang bermanfaat untuk mempercepat  proses pemulihan ekonomi yang kita alami saat ini,” tandasnya.

“Pandemi belum berakhir masih ada disekitar kita namun ekonomi tidak boleh tertingg  kita harus tetap berusaha dengan melakukan program yang telah dianjurkan oleh pemerintah namun tidak mengabaikan Protokol kesehatan (Prokes),” pungkasnya.

Disela-sela kegiatan berlangsung Wakil wali kota Samarinda Dr H Rusmadi meninjau kegiatan tersebut untuk memberikan support kepada para peserta.(EKO/DON/KMF-SMD)