TOP NEWS

Top

Kampanyekan Gerakan Makan Ikan Via Virtual

Kampanyekan Gerakan Makan Ikan Via Virtual

SAMARINDA. Dalam rangka Hari Makan Ikan Nasional, Pemerintah Kota Samarinda melaksanakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) yang bertujuan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena menggandung banyak gizi untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Sugeng Chairuddin bersama Kepala Dinas Perikanan Sam Syaimun dan secara virtual 9 kecamatan yang ada di Kota Samarinda melaksanakan GEMARIKAN terpusat di Command Center Diskominfo Balaikota, Kamis (26/11/2020).

 

Sebagai ilustrasi Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan angka konsumsi ikan nasional mencapai 56,39 kg per kapita pada 2020. Juga ini diharapkan meningkat Hingga 62.50 kg per kapita pada 2024. Hasil Riset Kesehatan Dasar 2018 yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) menunjukan 8 persen penduduk Indonesia masih menghadapi permasalahan kekurangan gizi. Kekurangan tersebut berpotensi menurunkan kualitas hidup dan produktivitas masyarakat.

 

“Pada hari ini juga diserahkan secara simbolis bantuan paket olahan ikan bagi yang terdampak Covid-19. Memang covid ini menjadi PR sangat besar bagi bangsa juga Kota Samarinda mengingat sudah lebih dari 5000 masyarakat kita yang terdampak,” ujar Sugeng dalam sambutannya.

 

Sugeng mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan, juga menjaga jarak.

 

Pemerintah Kota Samarinda memperingati Hari Makan Ikan Nasional dengan lomba kreasi masakan ikan dengan 3 menu yang dilombakan yaitu menu keluarga, menu kudapan, serta menu balita dengan diikuti 9 kecamatan yang ada di Kota Samarinda, kecuali Kecamatan Sungai Kunjang.

 

Pembagian paket gemarikan juga dibagikan kepada stunting, ibu hamil, ibu menyusui, balita dan manula, serta yang terdampak Covid-19 dibagikan di seluruh kecamatan di Kota Samarinda dan disaksikan langsung Sugeng di Command Center.

 

Dalam penyerahan secara simbolis di Command Center paket gemarikan diberikan kepada perwakilan nelayan dan pembudidaya yang terdampak Covid-19.

 

Pada saat ini juga bersama-sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi bergabung mengikuti Hari Makan Ikan Nasional se-Indonesia. Dalam perayaan acara hari ikan Nasional (Harkanas) dilaksanakan dalam bentuk kegiatan “Makan Ikan Bersama” dan promosi produk unggulan daerah berlangsung secara live. (fan/don/kmf-smd)