TOP NEWS

Top

Tingkatkan Kualitas Wasit-Juri dan Pelatih, IPSI Samarinda Gelar Penataran

Tingkatkan Kualitas Wasit-Juri dan Pelatih, IPSI Samarinda Gelar Penataran

SAMARINDA. Meningkatkan kualitas sumber daya pengetahuan, serta pemahaman wasit dan juri, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Samarinda menggelar penataran di Gedung Pencak Silat tepatnya di Jl. AW Sjaranie polder air hitam, Sabtu (31/10).

 

Walikota Samarinda Syaharie Jaang yang juga Ketua IPSI Provinsi Kaltim mengatakan penataran wasit dan juri cabang olahraga (cabor) pencak silat memang sangat dibutuhkan seiring dengan perkembangannya.

 

"Alhamdulillah saya sekarang sangat banyak terlibat dalam pembinaan pencak silat, karena pencak silat adalah cabang bela diri asli leluhur. Dengan kata lain, pencak silat merupakan pilihan yang ideal bagi energi para remaja," kata Jaang.

 

Kegiatan ini salah satu progam kerja IPSI Samarinda dan rutin digelar setiap tahun. Penataran serupa memang membutuhkan pemahaman cukup tinggi yang berbeda karena ini masih di masa pandemi Covid-19, Jaang juga ingatkan tak lupa protokol kesehatan.

 

"Karena disinilah dasar pencak silat. Oleh sebab itu wasit, juri dan pelatih harus senantiasa meningkatkan kualitasnya," ungkap Jaang.

 

Jaang menjelaskan, selain meningkatkan kualitas dasar, penataran tersebut diharapkan dapat melahirkan wasit dan juri baru. Demi kemajuan pencak silat, khususnya Kota Samarinda.

 

"Allhamdulilah Tahun 2018 lalu saat ASEAN Games di Jakarta, atlet pencak silat Samarinda Iqbal Chandra Pratama sukses meraih medali emas. Oleh karena itu, kunci utama keberhasilan atlet terletak pada pembinaan yang berkelanjutan, serta kemampuan seorang pelatih dalam memimpin atletnya," imbuhnya.

 

Diharapkan setelah terselenggaranya kegiatan ini, ke depan Kota Samarinda dapat melahirkan wasit, juri dan pelatih yang mempunyai sertifikat teruji, sehingga ke depan dapat melahirkan atlet-atlet yang berprestasi seperti Iqbal lainnya.(bar/don/kmf-smd)