TOP NEWS

Top

Semua OPD Diminta Tanggap Terjemahkan Visi Misi Wali Kota

Semua OPD Diminta Tanggap Terjemahkan Visi Misi Wali Kota

SAMARINDA. Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun meminta kepada segenap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk lebih tanggap terhadap Visi Misi Wali Kota Samarinda. Terutama untuk menerjemahkannya dalam bentuk program kerja sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang melekat pada OPD dipimpin.

Hal ini disampaikan Wali Kota dalam sambutan pada kegiatan konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)  Kota Samarinda Tahun 2022 yang berlangsung secara virtual, Senin (8/3/2021) siang.

Ia menyebut, ada sejumlah program unggulan kepala daerah yang merupakan tindak lanjut atas visi misi kepala daerah Kota Samarinda. Semua itu diharapkan agar bisa menjadi perhatian serius dalam penyusunan kebijakan anggaran pada tahun 2022 mendatang.

Ia menyebut ada 10 program unggulan yang harus menjadi perhatian serius segenap OPD terkait di lingkungan Pemkot Samarinda (selengkapnya baca grafis).

Selain tanggap dan cakap dalam menerjemahkan visi misi, Wali Kota yang didampingi Wakil Wali Kota (Wawali) Rusmadi itu berharap agar bisa diimbangi dengan kecakapan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengikuti setiap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Terutama yang menjadi kebijakan dari pemerintah pusat yang wajib dilaksanakan di daerah.

"Jangan sampai nanti saling menyalahkan antar OPD yang satu dengan yang lain atau malah menyalahkan Wali Kota hanya karena OPD-nya tidak paham soal implementasi sistem dan perkembangan. Karena kita hanya menjalankan kebijakan dari pusat. Makanya saya minta supaya rapat besar yang menyangkut hal-hal penting begini supaya dihadiri langsung pimpinan OPD. Jangan sampai hanya mengutus stafnya buat menghadiri," katanya mengingatkan.

Wali Kota berharap agar tagline 'berani berubah' yang digaungkan selama ini jangan sampai hanya slogan belaka. Tetapi harus benar-benar diwujudkan secara nyata dalam kebijakan dan tindakan konkret di lapangan.

"Saya sudah berkomitmen bersama Pak Rusmadi bahwa APBD kita ke depan harus bisa menyasar sejumlah program prioritas yang ada. Dan APBD kita harus benar-benar hadir untuk di tengah program pengentasan kemiskinan warga kita," tandasnya. (her/don/kmf-smd)