TOP NEWS

Top

Wali Kota Tinjau Progres Proyek Pengendalian Banjir di Kota Samarinda

Wali Kota Tinjau Progres Proyek Pengendalian Banjir di Kota Samarinda

SAMARINDA. KOMINFONEWS –  Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun bersama sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melakukan tinjauan lapangan secara maraton, Selasa (26/10/2021) siang.  Mereka meninjau progres pekerjaan drainase di sejumlah lokasi di kota ini. Di antaranya di simpang empat Sempaja, simpang empat Jalan DI Panjaitan, hingga simpang empat Mal Lembuswana.

Mereka juga berencana membangun polder di Kawasan Perumahan Puspita Bengkuring, Samarinda Utara. Di sana, sudah disiapkan lahan seluas 18 hektare.

“Ya, hari ini kami agendakan peninjauan lapangan terkait pengendalian banjir yang kerap kali dikeluhkan masyarakat Kota Tepian. Ini bertujuan untuk memastikan pekerjaan, terutama kita ingin mengetahui telah sejauh mana tingkat pekerjaannya agar dapat mengurangi debit air saat curah hujan tinggi. Dan yang terpenting, jangan sampai mengganggu akses dan mobilitas pengguna jalan,” ujar Wali Kota.


Ditambahkannya, jika Polder Bengkuring terbangun dan berfungsi optimal, maka dapat mengurangi secara signifikan dampak banjir di Bengkuring dan sekitarnya. “Kemudian bergerak ke simpang empat Sempaja, kita melakukan crossing mulai dari Jalan AW Sjahranie ke Jalan PM Noor. Sedangkan sisi jalannya kita lakukan pelebaran drainase. Lalu kita bergeser ke Jalan DI Panjaitan ke sungai mati, insyaallah minggu ketiga bulan November kita akan melakukan pembongkaran, yang mana lebarnya sungai akan menjadi sangat signifikan mungkin menjadi lebih dari 40 meter. Kemudian semua rumah yang telah teridentifikasi di atas sungai tinggal menunggu penyelesaian verifikasi dan validasi administrasi,” jelas Wali Kota.

Wali Kota Samarinda bersama rombongan juga sempat melakukan pengecekan di simpang empat Mall Lembuswana. Di situ, Pemkot berencana membuka saluran jalur lambat Lembuswana. “Insyaallah di APBD 2022 nanti, Pemkot akan lanjut menembuskan crossing dari arah kolam retensi di simpang empat Mall Lembuswana. Begitu juga di Jalan Dr Sutomo. Semoga nanti bisa memberikan dampak maksimal dlaam upaya pengendalian banjir,” harap Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim dua periode ini. (FAN/HER/KMF-SMD)