TOP NEWS

Top

Usai Pilpres, Kesbang Gelar Rakor Menatap Pilwali

Usai Pilpres, Kesbang Gelar Rakor Menatap Pilwali

SAMARINDA. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Rapat Koordinasi jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 di Aula Rumah Jabatan Walikota, Jum'at (2/8).

Dalam rapat yang mengusung pesta demokrasi serentak chapter 3 setelah Pilgub (2018), dan Pilpres (2019) ini, Pilkada serentak tahun 2020 mendatang adalah pilkada gelombang ke empat yang dilakukan untuk kepala daerah hasil pemilihan Desember tahun 2015 lalu. 

Akan ada 270 daerah yang akan menjalani Pemilu Serentak tahun 2020. Dari 270 daerah itu ada 9 Provinsi, 224 Kabupaten, dan 37 Kota. Dalam Pilkada serentak tahun 2020 mendatang Kota Samarinda sendiri akan mengadakan Pemilihan Walikota (Pilwali).

Dalam Rapat Koordinasi Tahapan Pemilu ini dihadiri oleh Asisten I, KPUD, Bawaslu,Camat, Lurah, serta perwakilan dari masing-masing Partai Politik.

Walikota yang diwakili Asisten I, Tejo Sutarnoto berterima kasih kepada semua elemen masyarakat baik Panwaslu, TNI dan Polri karena dalam pengalaman Pilpres 2019 lalu, Kota Samarinda tergolong aman dalam penyelenggaran Pesta Demokrasi. 

Tejo berharap dalam Pilwali tahun 2020 mendatang akan berjalan dengan lancar, serta perlengkapan penunjang yang kurang di Pilpres tahun ini bisa dilengkapi untuk Pilwali di tahun mendatang.

"Pilkada serentak tahun ini kota Samarinda bisa bernafas lega. Karena hanya ada satu surat suara dalam Pilwali yang tentunya tidak memberatkan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dalam menjalankan tugasnya," ucapnya.

Hal ini sebutnya mengingat tingkat trauma Panwaslu di Pilpres 2019 kemarin, dengan korban yang gugur dalam bertugas. 

Untuk Samarinda sendiri lanjutnya, ada 8 orang meninggal dunia dan 15 orang dirawat inap karena kelelahan dalam bertugas.

"KPU bekerjasama dengan Bawaslu di Pemilu serentak tahun 2024 mendatang akan berusaha megadakan asuransi berupa pelayanan kesehatan kepada para Panwaslu. Karena tugas di tahun 2024 mendatang akan sangat berat, Pemilu serentak tahun 2024 mendatang akan ada 7 surat suara yang harus dikerjakan dari berbagai Pemilihan, diantaranya ada Pilpres, Pilgub, Pilwali, Pilleg," pungkasnya. (kmf15)

Penulis: Thohir --Editor: Doni