TOP NEWS

Top

Tinjau PTM di Loa Buah, Wawali: Jangan Dulu Ajarkan yang Berat-berat

Tinjau PTM di Loa Buah, Wawali: Jangan Dulu Ajarkan yang Berat-berat

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda, Dr H Rusmadi meninjau pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SDN 005 Sungai Kunjang, Senin (11/10/2021) pagi. Ia mengaku ikut senang saat melihat keceriaan terpancar jelas dari raut wajah para peserta didik dan guru di sekolah yang beralamat di Loa Buah itu. Bahkan orang nomor dua di Kota Samarinda ini sempat mengajak anak-anak untuk bernyanyi bersama untuk menumbuhkan kembali keceriaan mereka setelah hampir dua tahun hanya belajar dari rumah akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).


"Anak-anakku sekalian, senang belajar di sekolah ataukah di rumah," sapa Wawali yang kemudian dijawab serentak anak-anak yang mengaku lebih senang belajar di sekolah.

Ia lantas berkeliling dari ruang belajar yng satu ke ruang belajar yang lain sembari mengecek satu per satu fasilitas pendukung untuk pelaksanaan protokol kesehatan (prokes). Terutama tempat cuci tangan yang dilengkapi sabun, serta memastikan semua guru dan peserta didik senantiasa menggunakan masker.

"Saya juga meminta guru-guru untuk bisa berkreasi dengan menciptakan suasana yang menyenangkan. Anak-anak jangan disuguhi pelajaran yang berar-berat dulu. Buat mereka happy sambil mengingat kembali pelajaran-pelajaran sebelumnya, biar mereka tidak stress," pesan Wawali kepada para guru setempat.


Diterangkannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda sudah tiga tahap membuka kegiatan PTM. Untuk tahap I sebanyak 14 sekolah, tahap II 40 sekolah, dan tahap III sebanyak 40 sekolah kini. Nantinya akan terus dievaluasi. Selanjutnya secara bertahap, sekolah-sekolah lainnya juga akan dibuka untuk melaksanakan PTM demi menghindari Learning Loss.

"Yang jelas sejauh ini semuanya berjalan secara aman-aman berkat kerja sama yang baik dari semua pihak untuk konsisten melaksanakan protokol kesehatan. Pokoknya kita pantau dan evaluasi terus. Puskesmas terdekat juga terus melakukan monitoring ke sekolah-sekolah yang ada," terang Wawali didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Asli Nuryadin dan Camat Sungai Kunjang Jumar. (HER/KMF-SMD)