TOP NEWS

Top

Tinjau Kesiapan Proyek Terowongan, Wali Kota Akan Ajak Warga Sekitar Duduk Bareng

Tinjau Kesiapan Proyek Terowongan, Wali Kota Akan Ajak Warga Sekitar Duduk Bareng

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wali Kota Samarinda, Dr Andi Harun Selasa (10/8/2021) siang meninjau lokasi proyek yang akan digunakan untuk membangun jalan terowongan. Tepatnya di Bukit Steling, Kelurahan Sungai Dama, Samarinda Ilir. 

Bersama rombongan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait itu, Wali Kota bersama menaiki setiap anak tangga hingga sampai titik yang nantinya akan dilakukan pembebasan lahan. Orang nomor satu di Kota Samarinda ini juga sempat melepas penat dengan bermain layang-layang bersama anak-anak setempat.


“Insyaallah, titiknya di sini. Tinggal nanti bertemu dengan warga sekitar sini, kita duduk bareng. Dengan adanya jalan terowongan ini, diharapkan nanti bisa mengurai masalah kamacetan arus lalu lintas yang sering terjadi di Sungai Dama. Di situ kan sangat padat arus lalu lintasnya," jelas Wali Kota.

Peninjauan ini lanjut dia, sebagai tindak lanjut Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda atas rencana pembangunan jalan terowongan. Rencana pembangunan ini nantinya akan diusulkan ke DPRD Kota Samarinda.


“Ini rencananya satu jalur. Masih dalam proses mulai dari problem, lajurnya, hingga arus lalu lintasnya," terang Wali Kota.

Untuk memuluskan perencanaan ini, diakuinya memang memerlukan dana yang tidak sedikit.Karena itu, sesuai peraturan perundang-undangan, dalam pelaksanaan proyek ini, nantinya direkomendasikan pengerjaannya melalui sistem tahun jamak alias Multi Years Contract (MYC). 

“Peninjauan ini juga dimaksudkan untuk merumuskan langkah-langkah pengerjaan proyek ini agar bisa terangkum dalam proyek multiyears. Kita juga ingin memastikan kesiapan lahan, terutama masyarakatnya,” tutur Wali Kota. (FAN/HER/KMF-SMD)