TOP NEWS

Top

Buka Grand Final Duta Wisata, Sugeng Minta Peserta Terpilih Dongkrak Nilai Pariwisata

Buka Grand Final Duta Wisata, Sugeng Minta Peserta Terpilih Dongkrak Nilai Pariwisata

SAMARINDA. Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Samarinda menggelar Grand Final Putri Pariwisata dan Duta Wisata Samarinda Tahun 2020, Sabtu (07/11) siang di Ballroom Swiss-Bellhotel Samarinda. Peserta kegiatan tersebut adalah 15 finalis dengan rincian 5 calon Putri Pariwisata, 5 calon Duta Wisata Putra dan 5 calon Duta Wisata Putri.

 

Dibuka Sekretaris Daerah Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin yang dalam sambutannya berpesan bahwa prosesi Grand Final agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Ia berharap, duta wisata dan putri pariwisata yang terpilih mampu mendongkrak nilai pariwisata Samarinda.

 

"Kedepan dengan keberadaan adik-adik sekalian, di tangan mereka lah sebagai pelopor dan corong warga kita, apa keunikan yang ada di Samarinda," pungkasnya.

 

Sementara Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Samarinda, Masrullah menyampaikan pergelaran yang mengusung tema "Inspiration of Millennial Generation" tersebut, telah melewati tahapan yang cukup panjang sejak Januari.

 

Masrullah menjelaskan sosialisasi untuk penjaringan Putri Pariwisata dan Duta Wisata Samarinda Tahun 2020 disosialisasikan melalui media cetak, elektronik dan daring. Babak penyisihan yang diikuti oleh 115 orang menyisakan 15 finalis.

 

"Sebelum memasuki final kita menghadapi wabah Covid-19, sehingga rangkaian dihentikan sementara. Kemudian sampailah pada saat ini kita pada grand final yang seharusnya berjalan Maret lalu," ujarnya.

 

Selain itu, Masrullah juga menyampaikan pesan dari Kadispar kepada 15 finalis, yaitu bahwa duta wisata dan putri pariwisata wajib faham dengan tugas dan fungsinya, serta mampu mengimplementasikannya, sehingga memberi manfaat bagi masyarakat Samarinda.

 

Setelah pembukaan, grand final memasuki proses seleksi oleh 7 dewan juri, yaitu Ignasius Sabdo, Aji Franata, Muhammad Firman, Novitrisari, Fareis Althalets, Maria Theodora Ping dan I Made Kertasaya. Mereka melemparkan pertanyaan kepada 15 finalis, yang jawabannya akan dinilai oleh dewan juri.

 

Penilaian tersebut tidak hanya berdasarkan pertanyaan pada saat Grand Final, tetapi juga secara keseluruhan peserta mengikuti seleksi hingga masa karantina. Hasilnya, Georgie Nicholas dan Jovyanca Dina Putri ditetapkan sebagai Duta Wisata Putra dan Putri Samarinda Tahun 2020. Sedangkan Davelyn Vanessa Chandra terpilih sebagai Putri Pariwisata Samarinda Tahun 2020. (cha/don/kmf-smd)