TOP NEWS

Top

Temui Wali Kota, Warga Transmigran Keluhkan Masalah Banjir

Temui Wali Kota, Warga Transmigran Keluhkan Masalah Banjir

SAMARINDA. Empat orang perwakilan tokoh masyarakat Gunung Kapur, Kelurahan Lempake, Samarinda Utara, Selasa (23/3/2021) siang menemui Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun. Kedatangan eks warga transmigran itu untuk menyampaikan keluhan menyangkut lingkungan. Terutama masalah banjir yang selalu menggenangi pemukiman mereka selama beberapa waktu belakangan. Apalagi saat hujan deras.

Mereka didampingi Camat Samarinda Utara Syamsu Alam dan Lurah Lempake Nurharyanto. Di hadapan Wali Kota, mereka meminta agar ada solusi untuk pengendalian banjir yang diduga kuat akibat aktivitas pengupasan lahan untuk kepentingan pertambangan batu bara di lokasi sekitar itu.

"Paling tidak ada kegiatan normalisasi sungai di daerah kami dalam tahun ini, agar bisa segera teratasi banjirnya," pinta Tarwono, salah satu perwakilan tokoh masyarakat tersebut.

Sementara Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun menyambut baik aspirasi warga tersebut.

Ia menegaskan, persoalan lingkungan dan pengendalian banjir menjadi salah satu program prioritas dirinya bersama Wakil Wali Kota Samarinda, Dr H Rusmadi. Tentu saja persoalan banjir di Gunung Kapur, Lempake itu juga menjadi bagian yang akan menjadi fokus perhatian dirinya.

Namun agar bisa menjadi dasar yang kuat dan demi tertibnya administrasi, Wali Kota meminta agar permohonan untuk normalisasi itu tak hanya disampaikan secara lisan, tetapi juga diikuti dengan surat resmi. Permohonan tersebut bisa disampaikan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) agar bisa dimasukkan dalam program dan disiapkan anggarannya.

"Nanti fotokopi suratnya diteruskan ke saya, biar saya pantau. Intinya saya minta agar persoalan warga kita di Lempake ini bisa menjadi perhatian serius," tandas Wali Kota. (HER/DON/KMF-SMD)