TOP NEWS

Top

PPPPTK IPA Gelar Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak

PPPPTK IPA Gelar Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) melaksanakan kegiatan Lokakarya VII Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan II dengan tema Festival Panen Hasil Belajar. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program PGP Angkatan II yang dilaksanakan  12-13 November 2021 di Hotel Mercure Samarinda, Sabtu (13/11/2021) pagi.

Diah Indriyani selaku PPPPTK IPA Bandung mengatakan program guru penggerak ini dilaksanakan untuk mencipkatan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem yang lebih baik dalam rangka memajukan pendidikan di Indonesia. 

"Harapannya agar guru penggerak berperan sebagai agen perubahan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Bergerak berarti melakukan suatu usaha dan bergerak juga melakukan aksi. Guru penggerak harus terus melakukan pergerakan, di antaranya bergerak pikirannya, bergerak ide-idenya, bergerak inovasinya, bergerak belajarnya, dan menggerakkan murid-muridnya," kata Diah dalam sambutannya.


Selain itu lanjut dia, para guru penggerak juga harus bersemangat untuk terus melakukan dan memberikan yang terbaik bagi murid-muridnya dan harus berbagi, serta mengajak guru-guru lain agar berada dalam satu frekuensi yang sama.

Sementara Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Samarinda Dr Asli Nuryadin mengatakan memang PGP ini berbeda dengan yang lain. Apalagi di masa-masa sekarang ini.

"Kita untuk refresh untuk mengembalikan ke habit dan suasana seperti biasa. Untuk mengembalikan suasana tersebut, memang cukup memakan waktu. Karena di saat kita uji cobakan pembelajaran tatap muka, terlihat sekali minat belajarnya. Apalagi kelas-kelas yang tidak mengetahui guru dan teman-temannya," kata Asli.

Namun lanjut dia, kita bisa mengambil hikmah dari pendemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini. Di antaranya tranformasi teknologi informasi bisa berkembang sangat cepat. Karena suka tidak suka, kita harus updete diri dengan harapan sekolah dan guru-guru bisa menjadi guru penggerak.

"Saya ucapkan terima kasih untuk  PPPPTK IPA Bandung yang telah melaksanakan kegiatan ini. Untuk para peserta, agar bisa mengikutinya dengan baik untuk meraih kesuksesan," pesan Asli. (EKO/HER/KMF-SMD)