TOP NEWS

Top

Manfaatkan Pelayanan Teknologi Informasi, Diskominfo Samarinda Gelar Rapat Evaluasi SPBE

Manfaatkan Pelayanan Teknologi Informasi, Diskominfo Samarinda Gelar Rapat Evaluasi SPBE

SAMARINDA. Dalam mewujudkan pemerintahan berbasis elektronik, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) mengelar rapat evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) berlangsung di ruang rapat Balai Kota Samarinda, Selasa (4/5/2021).

 

Asisten I Sekretariat Kota Samarinda, Tejo Sutarnoto ketika memimpin langsung rapat tadi menyampaikan betapa pentingnya SPBE di lingkup pemerintahan, karena salah satu tuntutan kebutuhan dalam organisasi adalah perkembangan teknologi informasi.

 

“Sehingga dengan teknologi informasi tadi kecepatan pemberian pelayanan tak perlu diragukan lagi dan penyampaian pun juga tidak perlu secara manual lagi," kata Tejo.

 

Ia berharap dalam evaluasi SPBE ini, pemerintah kota terus melakukan langkah-langkah koordinasi dan evaluasi secara rutin.

 

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah menambahkan jika pemerintahan berbasis elektronik ini adalah penyelenggaraan pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE,  hal Ini seperti yang tertuang pada peraturan Presiden No 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

 

Dayat begitu Kadis Kominfo ini disapa menambahkan dalam penerapan SPBE ada 4 domain yang harus terpenuhi sebelum pemerintah membuat keluaran SPBE (aplikasi/layanan SPBE).

 

“Di antaranya domain kebijakan internal, domain tata kelola, domain manajemen SPBE dan domain layanan SPBE,” urainya menutup. (Eko/Cha/KMF-SMD)