TOP NEWS

Top

Serahkan Bantuan Life Jacket, Barkati Minta Perhatikan Armada, Utamakan Keselamatan

Serahkan Bantuan Life Jacket, Barkati Minta Perhatikan Armada, Utamakan Keselamatan

SAMARINDA. Wakil Walikota Samarinda, M Barkati menyerahkan life jacket (pelampung keselamatan) secara simbolis kepada pemilik kapal tambangan (penyeberangan) dan kapal taksi juga menerima bantuan wastafel portable dari PT Jasa Raharja Provinsi Kaltim di Dermaga Sungai Kunjang, Selasa (22/09).

 

Barkati berpesan kepada para pengusaha pelayaran agar lebih berhati-hati dalam menjalankan tugas sebagai nahkoda dan crew-nya. Karena keselamatan adalah yang paling utama.

 

"Perhatikan armadanya, jangan ada yang dipaksakan berangkat apabila merasa ada kendala. Tugas ini bukan hanya Dinas Perhubungan saja, tetapi kita semua harus saling memperhatikan. Untuk bantuan life jacket jangan melihat nilainya, lihatlah manfaat yang diberikan," ucap Barkati dalam arahannya.

 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda, Ismansyah menjelaskan life jacket ini merupakan bantuan dari Balai Pengelola Transportasi Darat Kaltim-Kaltara untuk kenyamanan warga yang beraktifitas di sungai.

 

"Ini kita lakukan untuk kenyamanan warga yang beraktifitas di sungai. Karena selama pandemi ini masih ada 2-3 kapal yang pergi ke Hulu Mahakam," ungkapnya.

 

Mantan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Kota Kota Samarinda ini menambahkan selain wastafel portable, Dishub dan Jasa Raharja juga melakukan rapid test gratis kepada warga terkait masa pandemi Covid-19 ini.

 

Sementara Kepala Perwakilan Jasa Raharja Samarinda, Agung Abimanyu menjelaskan bantuan ini merupakan program kerja dari Kementerian BUMN dengan sebutan Bantuan Bina Lingkungan.

 

Menurutnya, Dermaga Sungai Kunjang ini merupakan dermaga terbesar di Samarinda yang melayani penyeberangan dan perjalanan ke Melak dan Mahakam Ulu. Oleh itu, Jasa Raharja dirasa perlu ikut memberikan kontribusi dalam hal perlindungan dasar kepada seluruh penumpang angkutan umum yang naik dari Dermaga Sungai Kunjang ini. Selain itu Agung juga menyampaikan rapid test yang dilakukan ini hasil kerja sama Dishub dan Jasa Raharja.

 

"Kami bersinergi dengan Dishub Kota Samarinda, karena ini merupakan program kerja kami juga dari kantor pusat Jasa Raharja kepada seluruh Cabang Perwakilan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat. Karena rapid test ini suatu deteksi awal. Jadi ini kami lakukan setiap bulan satu kali dan bergilir di semua dermaga yang ada di Samarinda dan di Wilayah Perwakilan kami yaitu 4 kabupaten dan 2 kota," pungkasnya. (fer/don/kmf-smd)