TOP NEWS

Top

Barkati Kukuhkan Relawan Kebakaran Samarinda Kota

Barkati Kukuhkan Relawan Kebakaran Samarinda Kota

SAMARINDA. Wakil Walikota Samarinda Muhammad Barkati mengukuhkan Kampung Cegah Dini Penanggulangan Kebakaran Berbasis Masyarakat Kecamatan Kota Samarinda, Jl Arief Rahman Hakim Kelurahan Sungai Pinang Luar, Kecamatan Samarinda Kota, Rabu (16/09) siang.

 

Dalam rangka pencegahan kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran menggelar sosialisasi beserta pelatihan, serta penanggulangan kebakaran kepada warga di Kecamatan Samarinda Kota dan 5 kelurahan.

 

Barkati menyampaikan ini merupakan bukti Pemerintah Kota Samarinda peduli bencana kebakaran.

 

“Ini adalah sebuah terobosan yang mana dibentuknya Kampung Cegah Dini Berbasis Masyarakat ini dengan melibatkan masyarakat dalam hal pencegahan bencana  kebakaran," ucap Barkati.

 

Barkati juga mempunyai program nantinya di setiap kelurahan akan ada motor pemadam kebakaran yang diberi mesin portabel, juga tabung APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan ambulance.

 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda Nursan mengakui mendapat kesulitan ketika petugas melakukan pemadaman api saat terjadi kebakaran, apalagi saat ini banyaknya penyebab kebakaran dari korsleting listrik.

 

"Saat ini musibah kebakaran terjadi karena korsleting listrik, kompor hingga tabung gas LPG. Kalau kompor dan tabung gas LPG masyarakat bisa menggunakan karung kain yang dicelupkan atau dibasahi terlebih dahulu menggunakan air. Nah kalau untuk aliran listrik bagaimana, kita gunakan alat pemadam APAR. Ada APAR 3 kg sampai 9 kg untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak memungkinkan,” katanya.

 

Turut hadir Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Dwi Siti, Camat Samarinda Kota Anis Siswantini dan Lurah se-Kecamatan Samarinda Kota. (fan/don/kmf-smd)