TOP NEWS

Top

Atasi Penganguran, SDC akan Hadir Di Samarinda

Atasi Penganguran, SDC akan Hadir Di Samarinda

SAMARINDA. Berbagai upaya dilakukan Pemkot Samarinda dalam mengatasi persoalan pengangguran di Samarinda. Data terakhir menyentuh angka 6,16 persen. Berkaitan dengan hal tersebut, hadirnya Skill Development Center (SDC) diharapkan bisa memberi andil.

Hal ini terungkap dalam Rapat Pembentukan Skill Development Center (SDC) untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Ruang Rapat Sekda Lt. 3 Balaikota Samarinda (12/08).

Dalam rapat yang diprakarsai Dinas Tenaga Kerja Samarinda ini dihadiri Sekda, Sugeng Chairuddin, Kepala Dinas Tenaga Kerja A. Lujah Irang dan Kepala BLKI Samarinda Andi M Najib.

“Kehadiran SDC untuk mengembangkan persoalan ketenagakerjaan secara terpadu melalui pelatihan, magang, uji kompetensi, sertifikasi dan penempatan kerja. Kehadirannya diharapkan efektif dalam mengatasi pengangguran,” ungkap Lujah.

Menurutnya, ada 14 kabupaten/kota dan provinsi di seluruh Indonesia yang mendapatkan kepercayaan ini. Indikatornya adalah dari keberhasilan dalam mengurangi angka pengangguran dan ada 4 kabupaten/kota yang sudah sukses menjalankan program SDC dan berhasil menekan angka pengangguran, diantaranya Bandung Barat, Solo, Denpasar dan Banda Aceh.

Secara umum, forum SDC berfungsi sebagai sarana bagi para pemangku kepentingan terkait Stake Holder untuk bersinergi dan bekerjasama guna menciptakan sarana komunikasi, koordinasi, dan sinkronisasi (KKS) untuk membahas, menyusun rencana dan melakukan langkah-langkah pemecahan secara sistematis dan berkelanjutan guna mengatasi masalah ketenagakerjaan di daerah.

Kemudian meningkatkan relevansi dan kualitas pendidikan dan pelatihan vokasi, sesuai dengan kebutuhan di daerah (link and match), meningkatkan  sertifikasi kompetensi dan rekognisi kompetensi tenaga kerja di daerah.

“Setelah saya melihat Program SDC sangat bagus, banyak manfaatnya dan ini sesuai dengan Visi dan Misi Walikota Samarinda menurunkan angka kemiskinan, menekan angka pengangguran, dan meningkatkan lapangan pekerjaan,” kata Sugeng.

Diharapkan SDC ini nantinya dapat dijadikan motivasi baru dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (kmf7)

Penulis: Akbar --Editor: Doni