TOP NEWS

Top

Sukseskan Bangga Kencana, DPPKB Laksanakan Radalgram

Sukseskan Bangga Kencana, DPPKB Laksanakan Radalgram

SAMARINDA, KOMINFONEWS – Meningkatkan kualitas Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana (DPPKB) Kota Samarinda melaksanakan Rapat Pengendalian Program (Radalgram) Bangga Kencana selama dua hari yang diikuti Camat, Lurah dan Penyuluh, di ball room Hotel Bumi Senyiur, 5-6 Oktober 2021.

“Kegiatan yang dilaksanakan hari ini sangat penting bagi kita dalam upaya meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dalam menyukseskan program Bangga Kencana di kota Samarinda,” ucap Sekretaris Daerah (Sekda) kota Samarinda dalam sambutannya ketika membuka kegiatan yang dibacakan Plt Asisten I Dr Ridwan Tasa, Selasa (5/10/2021).

Mengingat pentingnya ini, Ridwan mengharapkan seluruh Camat dan Lurah agar dapat berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan kegiatan Program Bangga Kencana, baik di tingkat kecamatan maupun kelurahan.

“Begitu pula kepada saudara-saudara oetugas lapangan PKB/PLKB, kiranya dapat melaksanakan tugas dan fungsinya di lini lapangan dengan meningkatkan koordinasi dan kerjasama secara intensif,” pesan Ridwan dihadapan peserta rapat garapan bersama BKKBN Provinsi Kaltim ini.

Ridwan mengatakan program Bangga Kencana tidak sekedar penggunaan alat kontrasepsi dan mengatasi ledakan penduduk, tetapi merupakan program pembangunan terpadu dan terintegrasi dengan pembangunan sektor terkait lainnya dalam pembangunan dan pemberdayaan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan.


“Ini sejalan dengan program Pro Bebaya yang merupakan program unggulan Bapak Wali Kota Samarinda yang sudah diluncurkan agar pembangunan masyarakat berbasis keluarga, mensejahterakan dan memenuhi kebutuhan masyarakat melalui integrasi program lintas sektoral lebih mempercepat dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Kepala DPPKB Samarinda selaku ketua Panitia Nurul Mu’minayati mengatakan tujuan kegiatan Radalgram tersebut untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan program Bangga Kencana yang telah dilaksanakan di lini lapangan.

“Kegiatan di lapangan sejak bulan Januari sampai dengan bulan Agustus yang merupakan tugas kita bersama dalam pencapaian target untuk  tahun 2021 yang tinggal 1 Triwulan atau 3 bulan kedepan,” ungkap Nurul.

Lebih rinci Nurul menjelaskan dalam Radalgram ini bisa memberikan gambaran dan kondisi yang ada di masing-masing wilayah atau kecamatan masing-masing, menyamakan persepsi dalam pencapaian Bangga Kencana dan intervensi Prioritas yang dilakukan sesuai dengan kondisi lapangan.

“Yang kita harapkan juga komitmen bersama dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan pencapaian Keluarga Berencana, karena untuk  mewujudkan  keluarga berkualitas melalui pembangunan berwawasan Kependudukan, KB dan  Kesehatan reproduksi, memerlukan sinergi baik lintas sektor maupun OPD juga keterlibatan jejaring kemitraan dan petugas lini lapangan termasuk  para camat dan lurah sebagai pengendalian  laju pertumbuhan penduduk agar ada keserasian dengan pertumbuhan ekonomi, pembangunan sosial, budaya, kesiapan sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan dan daya dukung lingkungan  lainnya,” pungkasnya.(DON/CHA/KMF-SMD)