TOP NEWS

Top

Pekan Ini 15 Ribu Tamu Fornas V Padati Samarinda

Pekan Ini 15 Ribu Tamu Fornas V Padati Samarinda

SAMARINDA. Kota Samarinda dalam pekan ini harus bersiap menerima kedatangan tamu sekitar 15.000 orang yang merupakan kontingen Festival Olahraga Nasional (Fornas) V Tahun 2019 yang akan berlangsung 15-18 November dengan pesta pembukaannya di Stadion Madya Sempaja, Sabtu 16 November.

Hal ini terungkap dalam rapat persiapan Fornas yang dihadiri berbagai perwakilan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) se-Kalimantan Timur, Dispora Provinsi Kaltim, Dispora Kota Samarinda, Diskominfo Provinsi Kaltim dan Diskominfo Kota Samarinda di Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (8/11).

Dalam rapat itu dikemukakan Opening Ceremony Fornas V Kaltim Tahun 2019 kali ini akan diselenggarakan pada tanggal 16 November 2019 di Stadion Madya Sempaja. Bahkan persiapan menyambut pembukaan sudah mulai rampung, tenda panggung VVIP dan panggung artis sudah mulai dipasang.

Selain unsur etnik budaya yang dikenakan oleh para peserta, pembukaan akan dimeriahkan oleh tarian kolosal Jepen khas Kalimantan Timur dan akan lebih dimeriahkan oleh Grup Band papan atas ibukota Tipe-X.

Lomba yang akan diperlombakan di antaranya adalah enggrang, layang-layang, adu panco, BMX dan berbagai perlombaan rekreasi lain yang diikuti peserta dari berbagai Provinsi. Dalam pembukaan kali ini, Kaltim mengusung unsur etnik di dalamnya. Hal itu ditandai dengan para peserta diwajibkan mengenakan pakaian adat tradisional khas dari daerah masing-masing.

Plt Sekretaris Provinsi Kaltim, M Sabani mengharapkan Kaltim bisa menjadi tuan rumah yang baik dan ramah untuk tamu-tamu dari tanah air ini. Menurutnya, bukan hanya sukses prestasi, tapi juga sukses penyelenggaraan dan sukses ekonomi kerakyatan.

Ia pun berpesan agar tuan rumah mempersiapkan objek-objek wisata yang ada.

"Ini kan olahraga rekreasi, jadi objek-objek wisata yang ada di Kaltim ini harus juga kita persiapkan. Agar peserta bukan hanya kesini mengikuti lomba, tapi juga berkesan karena objek-objek wisatanya," pungkasnya. (kmf15)

Penulis: Thohir –Editor: Doni