04 Desember 2024
296
Bapenda Kota Samarinda Selenggarakan Bimtek Pelayanan Prima bagi Frontliners

SAMARINDA, KOMINFO - Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Samarinda menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelayanan Prima yang berlangsung selama dua hari, yakni pada 30 November & 1 Desember 2024 lalu. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Mesra, Ruang Luwai, Samarinda dan dihadiri oleh pegawai Frontliners Bapenda Kota Samarinda.
Acara ini dibuka oleh Plt. Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Samarinda, Dr. H. Ali Fitri Noor, MM yang menekankan pentingnya kegiatan ini dalam mendukung peran strategis Bapenda sebagai garda terdepan dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Hadir sebagai narasumber Kepala LAN Dr. Muhammad Aswad, M.Si, menyampaikan materi terkait peran Bapenda sebagai ujung tombak peningkatan PAD Kota Samarinda. Dalam paparannya, ia menekankan bahwa pelayanan prima menjadi elemen kunci dalam mendorong efektivitas pengelolaan administrasi perpajakan daerah dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap instansi pemerintah.
Pemateri selanjutnya, Dr. Rahmat, MA & Veronika Hanna Naibaho, SS., M.AP., M.Sc membawakan materi yang komprehensif tentang Konsep Pelayanan Publik, Tantangan dan Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, serta penyusunan Action Plan untuk penerapan budaya pelayanan prima. Ia juga memperkenalkan konsep Continuous Improvement sebagai langkah berkelanjutan untuk memastikan kualitas pelayanan publik yang semakin optimal.
Selama kegiatan, peserta tidak hanya mendapatkan materi teoritis, tetapi juga berdiskusi aktif mengenai berbagai tantangan yang dihadapi dalam pelayanan publik sehari-hari. Peserta juga diajak untuk merancang langkah-langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan, termasuk penerapan teknik komunikasi yang efektif dan sikap responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
Bimtek ini bertujuan untuk memperkuat komitmen Bapenda dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Samarinda, khususnya dalam pengelolaan pajak daerah. Kepala panitia penyelenggara menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi awal dari perubahan positif dalam pelayanan publik di lingkungan Bapenda.
Dengan pelaksanaan Bimtek Pelayanan Prima ini, Bapenda Kota Samarinda semakin memperkokoh dedikasinya untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang transparan, profesional, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. Kegiatan ini diharapkan memberikan dampak nyata dalam meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik di masa depan.(soel/KMF-SMR)