TOP NEWS

Top

Safari Jumat Sungai Pinang Dalam, Barkati Sosialisasikan Perwali Penerapan Protokol Kesehatan

Safari Jumat Sungai Pinang Dalam, Barkati Sosialisasikan Perwali Penerapan Protokol Kesehatan

SAMARINDA. Wakil Walikota Samarinda, Muhammad Barkati Safari Jumat di Masjid Baitul Maghfirah, Jl DI Pandjaitan Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Kecamatan Sungai Pinang, Jumat (14/08) siang.

 

Barkati yang menunaikan sholat Jumat, serta mengikuti segala prosedur kesehatan yang diberlakukan pengurus masjid sebelum beribadah.

 

"Demi kebaikan kita bersama sebelum masuk masjid cuci tangan dulu, di cek panas tubuh saya, terus disemprot (disinfektan) lalu berwudhu. Alhamdulilah sudah bisa sholat Jumat lagi, karena sudah lama nggak bisa sholat disini," kata Barkati.

 

Wawali juga mensosialisasikan Perwali Nomor 38 Tahun 2020 soal sanksi bagi warga yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

 

“Tadi saya dapat informasi yang beredar di whatsapp, ada oknum yang menegaskan Perda di salah satu mall di Samarinda karena tidak menggunakan maske. Ini saya tegaskan bahwa itu hoax. Karena anggota Satpol PP saat ini masih mensosialisasikan dan masih diberi peringatan saja. Juga sudah saya perintahkan untuk mencari penyebar hoax tersebut,” tegas Barkati.

 

Khotib sendiri berpesan tentang pentingnya bersabar bagi kaum Muslimin ketika Allah SWT memberi ujian. Sebab dibalik ujian itu ada hikmah buat kebaikan manusia.

 

"Allah beri pelajaran setelah ada ujian yang dahsyat. Pertama, orang jadi bersih terus hikmahnya. Lalu teratur dimana-mana. Ada yang bisa jadi imam di keluarga, khatam Al-Qur'an," ujar ustadz Nyoto di hadapan ratusan jamaah.

 

Khutbah berlangsung sekitar 10 menit. Ditambah pelaksanaan sholat, maka total rangkaian ibadah Sholat Jumat sekitar 20 menit. Durasi ini lebih pendek dari sholat Jumat sebelum pandemi Covid-19. (fan/don/kmf-smd)