TOP NEWS

Top

Sekda Sebut TPK Palaran Pelabuhan Vital Distribusi Bahan Pokok di Kaltim

Sekda Sebut TPK Palaran Pelabuhan Vital Distribusi Bahan Pokok di Kaltim

SAMARINDA. PT Pelabuhan Samudera Palaran (PSP) menggelar Launching Aplikasi Mobile Online Document Terminal Peti Kemas (TPK) Palaran, Rabu (24/12) malam, di Ballroom Hotel Mercure.

 

Acara tersebut dihadiri oleh Dirut PT PSP Tarmizi Amir, General Manager PT Pelindo IV cabang Samarinda Suhadi Hamid, Kepala Kantor KSOP Kelas Samarinda Mukhlis Tohepaly, dan Sekretaris Daerah Kota Samarinda Sugeng Chairuddin. Perwakilan perusahaan yang bergerak di bidang kepelabuhanan juga diundang dan hadir dalam kesempatan tersebut.

 

Dalam sambutannya, Tarmizi mengatakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT Samudera Indonesia tersebut bertujuan untuk meningkatkan efektifitas bekerja dan pelayanan.

 

"Ini hanya sebagian kecil yang bisa kami berikan untuk perkembangan kota Samarinda serta wilayah Kaltim yang lain. Semoga kegiatan di pelabuhan dapat terus kita tingkatkan. Semoga ini bisa berjalan dengan baik," kata Tarmizi.

 

Di sisi lain, pengembangan dan penggunaan aplikasi tersebut juga mendukung penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Dengan adanya ETOS Mobile, pengurusan dokumen dapat dilakukan tanpa kontak langsung antara individu.

 

Dalam kesempatan yang sama, Sugeng Chairuddin yang mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda mendukung adanya aplikasi tersebut. Kemajuan dan perkembangan teknologi yang pesat tentunya bisa dimanfaatkan dalam menunjang pelaksanaan protokol kesehatan.

 

Sugeng yang juga menjabat sebagai Komisaris PT PSP berharap aplikasi Online Document ke depannya terus dilakukan penyempurnaan agar lebih baik. Ia menyebut TPK Palaran merupakan pelabuhan vital untuk distribusi bahan pokok. Tidak hanya di Samarinda, tetapi juga Kaltim.

 

"Mudahan dengan adanya aplikasi ini kita bisa bekerja secara efektif dan efisien. Karena TPK Palaran merupakan salah satu yang penting bagi Samarinda. Kita mendapatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang luar biasa dari sana," pungkasnya.(cha/don/kmf-smd)