TOP NEWS

Top

Wawali Akui Kondusifnya Kota Jadi Keunggulan Samarinda

Wawali Akui Kondusifnya Kota Jadi Keunggulan Samarinda

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda, Dr H Rusmadi mengatakan iklim kondusif di Samarinda menjadi keunggulan tersendiri dibanding daerah lainnya di Indonesia. Utamanya dalam menarik minat investasi baik dari dalam maupun luar negeri. Untuk itu, kepada seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat agar dapat berperan aktif menciptakan iklim kondusif di Samarinda, sehingga pelaksanaan pembangunan berjalan baik dan lancar.


"Samarinda memiliki penduduk sebanyak 827.994 jiwa. Namun kehidupan bermasyarakat sangat rukun dan damai. Ini yang harus terus kita jaga dan pelihara," kata Wawali.

Untuk itu lanjut dia, demi mempertahankan suasana yang rukun, aman, dan damai, masyarakat diminta untuk tidak terpancing dengan hal-hal yang bersifat provokasi dan bertujuan memecah belah persatuan dan kesatuan. Karena jika masyarakat terpancing, maka dapat memicu potensi-potensi konflik horizontal di tengah masyarakat. 


Namun ujar dia, berbagai upaya pencegahan dini terhadap potensi-potensi konflik tersebut terus dilakukan pemerintah bersama dengan TNI dan Polri serta mitra pemerintah seperti Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB).

"Kita juga dibantu dengan keberadaan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat untuk menjaga suasana Kaltim agar tetap rukun dan damai. Untuk itu, koordinasi dan komunikasi harus terus ditingkatkan di antara seluruh pihak. Jika ada potensi konflik, harus segera ditangani dan diselesaikan, sehingga tidak sampai berkembang dengan cepat," pungkasnya. (BAR/HER/KMF-SMD)