TOP NEWS

Top

Wali Kota se Kalimantan Diajak Susur Sungai Mahakam

Wali Kota se Kalimantan Diajak Susur Sungai Mahakam

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Usai secara marathon pagi hingga siang melaksanakan rapat kerja dengan tema Ketahanan Pangan Masyarakat Kota Pasca pada Rapat Kerja Komisariat Wilayah V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan, Jumat (5/11) sore hingga petang peserta raker yang terdiri dari wali kota se Kalimantan diajak berwisata susur mahakam.

Rombongan langsung disambut Wakil Wali Kota Samarinda Dr Rusmadi, ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kota Samarinda Rinda Wahyuni Andi Harun dan Wakil Ketua TP PKK Samarinda Herli Warsita Rusmadi, rombongan menikmati keindahan Sungai Mahakam yang membelah kota Samarinda di senja hari melepas matahari tenggelam dan gemerlap lampu di malam harinya.

Menambah keindahan lagi, selain lampu artistik Jembatan Achmad Amins dan Jembatan Kembar juga gemerlap lampu hias tambangan atau ketinting yang memeriahkan sungai Mahakam malam tadi dalam rangka lomba tambangan hias menyemangati kegiatan Festival Mahakam tahun 2021.


“Ayo pak Wali dan ibu, kita refreshing dengan menyusuri sungai Mahakam setelah tadi rapat kerja seharian. Inilah sungai kebanggaan kita warga Samarinda,” tutur Rusmadi.

Begitu pula dengan Rinda yang seolah-olah menjadi pemandu wisata menjelaskan tentang sungai Mahakam sebagai urat nadi perekonomian kota Samarinda.

“Batik Samarinda kita juga terinspirasi dari sungai Mahakam. Makanya motifnya ada gambar tambangan, gelombang sungai hingga pesut,” imbuh Rinda.

Kekaguman juga disampaikan para wali kota dan ketua Dekranasda se Kalimantan yang juga isteri dari wali kota.

Tak ayal, mereka suami isteri berfoto di atas kapal dengan view sungai berlatar jembatan Achmad Amins maupun jembatan kembar yang mengeluarkan sinar lampu artistiknya.


“Lampu jembatannya cantik, sungai Mahakam juga indah. Kita di Banjarmasin juga punya sungai, tapi tentunya memiliki karateristik masing-masing tiap daerah,” ucap Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina didampingi isterinya.

Pujian juga disampaikan wali kota Palangka Raya Fairid Naparin. “Pas untuk refresing. Keindahannya tidak membosankan. Apalagi pas sudah malam, gemerlap lampu dari berbagai sisi mata kita dimanjakannya,” ucap Fairid walikota yang hoby balap motor sejak kecil ini.

Selain memanjakan mata peserta raker Apeksi tersebut, juga lidah mereka dimanjakan dengan makanan khas lokal yang disajikan di kapal wisata tersebut.(DON/CHA/KMF-SMD)