TOP NEWS

Top

Canangkan Pelayanan KB Di HKG PKK Secara Protokol Kesehatan

Canangkan Pelayanan KB Di HKG PKK Secara Protokol Kesehatan

SAMARINDA. Ketua Tim Kesatuan Gerak PKK Puji Setyowati mencanangkan Pelayanan KB dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Bangga Kencana Kesehatan Tahun 2020 tingkat Kota Samarinda di Pukesmas Lempake Kecamatan Samarinda Utara. Kamis (05/11).

 

Dalam sambutannya Puji mengatakan HKG PKK Bangga Kencana Kesehatan ini merupakan salah satu agenda kegiatan yang telah diprogramkan oleh TP PKK sebagai wadah menyikapi dan menampung berbagai perubahan, serta tingkat kebutuhan yang terus berkembang dalam gerakan PKK.

 

Menurut Puji kegiatan ini merupakan implementasi setelah dilakukan di tingkat provinsi.

 

“Pelayanan KB untuk menjaring akseptor baru ini akan dilakukan di 10 kecamatan, yang pertama hari ini, namun kita akan tetap melakukan kunjungan monitoring kegiatan pelayanan KB di 9 kecamatan selanjutnya,” ucap Puji yang juga anggota Komisi IV DPRD Kaltim ini.

 

Kegiatan pelayanan KB yang dicanangkan ini lanjutnya akan berlangsung hingga 30 November.

 

“Closingnya (penutupnya, red) akan dilakukan dengan acara lagi di kecamatan Sungai Pinang. Tentunya tetap secara protokol kesehatan seperti hari ini,” tandasnya.

 

Puji mengatakan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya selalu mengadakan kegiatan Pencanangan HKG ini, begitu pula tahun ini dengan tujuan meningkatkan target capaian dari Program KB dan Kesehatan melalui gerakan PKK yang masif dan berdaya.

 

Pencanangan KB yang dilaksanakan di Puskesmas Lempake Samarinda Utara ini merupakan langkah strategis lintas stakeholder dalam rangka pencapaian pembangunan, khususnya di bidang kesehatan dan keluarga berencana.

 

“Saya berharap kegiatan ini tidak sekedar untuk kemeriahan sesaat,melainkan lebih memberikan makna terhadap karya yang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Kota Tepian,” kata Puji.

 

Sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Nurul Mu’minayati mengatakan harapannya kegiatan ini kedepan bisa memberikan motivasi dan semangat kepada para kader PKK, Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) agar bekerja lebih optimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya yakni melayani kepentingan masyarakat.

 

"Mudah-mudahan kegiatan hari kesatuan gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan terpadu ini bisa berjalan secara sinergis dan terarah, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan ini kita mendapatkan hasil yang optimal dalam rangka terwujudnya Kota Samarinda yang lebih baik,” ungkap Nurul.

 

Dalam kegiatan ini juga dilakukan dilakukan secara simbolis penyerahan 3 jenis pelayanan KB kepada 3 akseptor baru. (bar/don/kmf-smd)