TOP NEWS

Top

Gugus Tugas Covid-19 Optimis Penurunan Penyebaran Di Masyarakat

Gugus Tugas Covid-19 Optimis Penurunan Penyebaran Di Masyarakat

SAMARINDA. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Sugeng Chairuddin memimpin Rakor Forkompinda tentang Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19, Antisipasi PAM Urnas dan Pilkada Walikota Tahun 2020 Kota Samarinda di Ruang Rapat Utama Polresta Samarinda Lantai II, Jl Slamet Riyadi No 1 Kelurahan Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Selasa (27/10) sore.

 

 

Ada 3 strategi utama yang menjadi penanganan Covid-19 oleh satuan gugus tugas Covid-19 di Kota Samarinda. Strategi I Perubahan Perilaku dan deteksi awal penyebaran Covid-19, Strategi II Pembangunan pusat-pusat karantina dan sosial dan strategi III manajemen perawatan Covid-19.

 

“Dalam penanganan strategi utama Covid-19 kita harus mendorong prilaku masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, juga memperkuat fasilitas karantina terpusat disediakan untuk pasien asymptomatic dan ringan, sehingga rumah sakit tidak penuh dan mencegah penularan dalam keluarga dan terakhir menerapkan protokol standar terapi penanganan pasien,” ucap Kapolresta Samarinda Kombespol Arif Budiman dalam sambutannya.

 

Sugeng dalam pidatonya memaparkan ada tiga fokus utama penanganan covid.

 

“Kami buat menjadi 3 fokus utama, yakni penurunan kasus terkonfirmasi positif harian, Recovery Rate peningkatan angka pemulihan dan terakhir Fatality Rate Penurunan angka kematian,” ujar Sugeng.

 

Perlu diketahui data daya tampung balai atau rumah karantina juga isolasi penanganan Covid-19 di Kota Samarinda, kapasitas 135 yang sudah terisi saat ini 78 dan sisa daya tampung 57 kamar.

 

Peta sebaran Covid-19 Polresta Samarinda dari 10 Kecamatan yang ada 4 Kecamatan masih berada di zona merah yaitu Kecamatan Samarinda Ulu dengan terkonfirmasi 109 orang sembuh 158 orang, Kecamatan Sungai Kunjang terkonfirmasi 120 orang sembuh 407 orang, Kecamatan Sungai Pinang terkonfirmasi 55 orang sembuh 191 orang, terakhir Kecamatan Loa Janan Ilir terkonfirmasi 56 orang sembuh 213 orang. Gugus tugas sendiri optimis akan ada penurunan penyebaran di masyarakat.

 

Hadir pula dalam Rakor Forkompinda, Dandim 0901/SMD Kol Inf Oni Kristiyono  SH, serta pejabat Polresta, Kodim dan Pemkot. (fan/don/kmf-smd)