TOP NEWS

Top

Besok, Rakor Bapenda se-Kaltim Bahas Strategi Optimalisasi PAD Era Digital

Besok, Rakor Bapenda se-Kaltim Bahas Strategi Optimalisasi PAD Era Digital

SAMARINDA. Optimalisasi Pengelolaan Pajak Asli Daerah (PAD) dalam upaya menggejot pendapatan daerah, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Samarinda menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Bapenda se-Kaltim dengan tema "Optimalisasi Pengelolaan PAD Melalui Sinergisitas Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur di ruang rapat utama Balaikota Samarinda, Kamis (23/01).

 

“Penerimaan PAD merupakan tantangan bagi Pemerintah Daerah sebagai sumber pendapatan yang potensial. Melalui rakor ini, Bapenda se Kaltim bersama-sama memfokuskan untuk menyelesaikan berbagai persoalan secara komprehensif terkait dengan pengelolaan PAD,” ucap Kepala Bapenda Samarinda Hermanus Barus dalam siaran persnya.

 

Menurut Hermanus, terselenggaranya rakor ini berdasarkan hasil kesepakatan bersama seluruh Bapenda se-Kaltim melalui Forum Koordinasi Bapenda Kabupaten/Kota se-Kaltim.

 

“Di rakor ini untuk mendapatkan informasi tentang kebijakan Pemerintah maupun regulasi terkini juga sebagai evaluasi masing-masing kabupaten/kota yang telah melakukan kesepakatan dan kerjasama terpadu antar instansi terkait yang merumuskan langkah-langkah pemikiran bermanfaat dalam rangka penerimaan PAD,” terang Hermanus lagi.

 

Pada rakor ini sebutnya, untuk menyamakan persepsi membangun kesepahaman antar Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kaltim, Bapenda Provinsi Kaltim, Lembaga/Instansi terkait dan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Kaltim dalam mendukung intensifikasi dan ekstensifikasi penerimaan PAD demi kemajuan pembangunan daerah.

 

“Kita akan membahas penyusunan langkah pelaksanaan tugas dalam upaya intensifikasi dan ekstensifikasi penerimaan PAD meliputi kegiatan pendataan, penilaian, penagihan dan pengawasan penerimaan melalui teknologi elektronik,” kata Hermanus.

 

Juga lanjutnya di rakor ini akan mengevaluasi hambatan-hambatan yang dihadapi oleh masing-masing daerah.

 

“Kita akan mencari solusi pemecahan terhadap berbagai permasalahan teknis maupun non teknis yang berkaitan dengan upaya intensifikasi dan ekstensifikasi penerimaan PAD dan membuat strategi kebijakan optimalisasi PAD di era digital,” tandasnya.

 

Rakor yang digelar sehari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WITA akan diikuti peserta seluruh perwakilan Bapenda/BPPAKD Kabupaten/Kota se-Kaltim, Bapenda Provinsi Kaltim, Direktur Eksekutif Center for Indonesian Taxation Analysis, Kepala Bapenda Bogor, Kanwil DJP Kaltim, KPP Pratama Samarinda, Kepala Kantor Pertanahan Samarinda dan Instansi terkait lainnya. (KMF2)

 

Penulis/Editor: Doni