TOP NEWS

Top

Tinjau Proyek Drainase Di Jl DI Pandjaitan, Jaang Pastikan Masjid Babul Hafazhah Aman

Tinjau Proyek Drainase Di Jl DI Pandjaitan, Jaang Pastikan Masjid Babul Hafazhah Aman

SAMARINDA. Penghujung tahun 2019, Pemkot Samarinda tengah serius menyelesaikan pekerjaan proyek penanggulangan banjir. Salah satunya proyek drainase di Jl DI Pandjaitan, tepatnya di depan masjid Babul Hafazhah. Mendapat suntikan dana sebesar Rp 4.5 Miliar dari dana APBD Perubahan, proyek tadi ditargetkan selesai akhir Desember tahun ini.

 

Walikota Samarinda, Syaharie Jaang, Senin (02/12)  pagi, meninjau langsung pengerjaan proyek tersebut. Dalam kesempatan itu ia mengatakan jika drainase di Jl DI Pandjaitan sebagai upaya penanggulangan genangan air di Jl Mugirejo.

 

“Pagi ini sebenarnya saya mau memastikan saja apa proyek ini menganggu bangunan Masjid. Karena sempat ramai di media sosial kalau bangunan Masjid sempat miring karena imbas dari penggalian lubang drainase. Alhamdulillah setelah saya cek ternyata tidak,” ungkap Jaang.

 

Walikota 2 periode ini menjelaskan agar proyek bisa selesai tepat waktu. Dirinya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk mengatur skema lalu lintas di jalur tersebut dengan membuka satu arah.

 

“Saya minta ke Pak Isman agar minggu ini sudah dilakukan rekayasa lalu lintas di jalan ini dengan memberlakukan satu jalur dulu arah jalur PM Noor menuju DI Pandjaitan dalam satu bulan kedepan ,” ungkap Walikota didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Sugeng Chairuddin.

 

Jadi pada proses pengerjaan drainase nanti tidak ada yang merasa terganggu, baik pengguna jalan maupun kontraktor pelaksana yang bisa bekerja dengan leluasa.

 

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hero Mardanus menambahkan jika lebar drainaise yang akan dibangun nanti sebesar 6 meter dengan panjang 70 meter. Ia mengakui jika drainase tersebut sengaja dibangun lebih lebar ketimbang proyek drainase yang sudah terbangun lebih dulu di jalan yang sama.

 

“Sebenarnya proyek sebelumnya sudah selesai pengerjaan lebih dulu di bulan September. Memang lebarnya lebih kecil sekitar 3 meter, tapi panjang drainasenya mencapai 400 meter,” tuturnya.

 

Dia mengatakan, jika proyek yang dikerjakan saat ini bisa cepat selesai, maka ia memastikan jika turun hujan kondisi genangan air di Jl Mugirejo akan cepat surut dan luasan genangan pun akan berkurang. (kmf4)

 

Penulis : Echa-- Editor : Doni