Tugas & Fungsi
Bidang Persandian dan Statistik

Tugas Bidang Persandian dan Statistik

Bidang Persandian dan Statistik mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang persandian dan statistik.

Fungsi Bidang Persandian dan Statistik

Bidang Persandian dan Statistik mempunyai fungsi:

  • Penyusunan dan pelaksanaan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya.
  • Penyiapanbahanperumusankebijakandibidangpenyelenggaraan persandian dan penyelenggaraan statistik sektoral.
  • Perumusan kebijakan teknis persandian dan statistik dengan berpedoman pada norma, standar, prosedur dan kriteria yang telah ditetapkan.
  • Perumusan perencanaan, anggaran dan target capaian penyelenggaraan persandian untuk pengamanan informasi di tingkat Kota dengan mengutamakan keamanan informasi di tingkat kepala daerah, pimpinan dewan dan pimpinan perangkat daerah.
  • Perumusan pola hubungan komunikasi sandi.
  • Pengelolaan dan perlindungan informasi berklasifikasi.
  • Pengelolaan pelaksanaan penyiapan, pemanfaatan dan pengembangan SDM Sandi, Materiil Sandi dan Jaring Komunikasi Sandi (JKS).
  • Peningkatan kesadaran keamanan informasi.
  • Pengelolaan pusat data persandian.
  • Pelaksanaan kegiatan survey statistik sektoral bidang sosial, ekonomi, politik, hukum, dan keamanan.
  • Penyusunan metode survey dan petunjuk teknis pelaksanaan survey.
  • Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang penyelenggaraan persandian dan penyelenggaraan statistik sektoral.
  • Pembuatan laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya.
  • Pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintahan. dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Seksi Persandian

Tugas

Seksi Persandian mempunyai tugas:

  • Menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya.
  • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan di bidang penyelenggaraan persandian untuk pengamanan informasi dan penetapan pola hubungan komunikasi sandi antar perangkat daerah.
  • Melaksanakan kebijakan manajemen resiko asset organisasi.
  • Melaksanakan tata kelola dan perlindungan informasi berklasifikasi.
  • Menyiapkan konsep perencanaan, anggaran dan target capaian penyelenggaraan persandian untuk pengamanan informasi di tingkat Kota dengan mengutamakan keamanan informasi di tingkat kepala daerah, pimpinan dewan dan pimpinan perangkat daerah.
  • Menyiapkan konsep kebijakan teknis persandian untuk pengamanan informasi dengan berpedoman pada NSPK yang telah disusun oleh Lembaga Sandi Negara.
  • Menyiapkan konsep pola dan melaksanakan hubungan komunikasi sandi.
  • Melaksanakan kegiatan penyiapan, pemanfaatan dan pengembangan SDM Sandi, Materiil Sandi dan Jaring Komunikasi Sandi (JKS).
  • Melaksanakan kegiatan pemenuhan kompetensi SDM Sandi melalui penyiapan dan pengiriman personil untuk mengikuti diklat-diklat sandi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara.
  • Melaksanakan peningkatan kompetensi SDM Sandi melalui partisipasi pada kegiatan pembinaan persandian yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara baik melalui asistensi, workshop, pelatihan, seminar dan/atau bimbingan teknis persandian.
  • Melaksanakan kegiatan peningkatan kesadaran keamanan informasi (security awareness) dengan menyelenggarakan sosialisasi atau seminar pentingnya kesadaran keamanan informasi di tingkat pimpinan daerah meliputi kepala daerah, pimpinan dewan dan pimpinan perangkat daerah.
  • Melaksanakan pengelolaan pusat data persandian.
  • Melaksanakan kegiatan pengukuran dan evaluasi penyelenggaraan persandian dan tingkat keamanan informasi secara internal pada masing – masing perangkat daerah.
  • Melaksanakan pengelolaan dan pemeliharaan materiil, sarana, prasarana dan infrastruktur persandian untuk pengamanan informasi.
  • Melaksanakan pengamanan fisik dan kontrol terhadap akses informasi atau fasilitas pemroses informasi terutama yang berkaitan langsung dengan pimpinan daerah.
  • melaksanakan kegiatan pemulihan data dari gangguan jaringan sistem informasi dengan tetap menjaga integritas dan ketersediaan data.
  • mengawasi penyelenggaraan persandian untuk keamanan informasi internal
  • memantau, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang penyelenggaraan persandian untuk pengamanan informasi dan penetapan pola hubungan komunikasi sandi antar perangkat daerah.
  • membuat laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya.
  • melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan. dan

Fungsi

-

Seksi Statistik

Tugas

Seksi Statistik mempunyai tugas:

  • menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya.
  • menyiapkan bahan perumusan kebijakan di bidang penyelenggaraan statistik sektoral.
  • merencanakan, mendata dan mengindentifikasi dokumen, menyiapkan bahan dan peralatan yang diperlukan untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan survey bidang TIK, sosial, ekonomi, dan polhukam.
  • menginventarisasi data-data yang dibutuhkan dan mendukung pelaksanaan survey.
  • melaksanakan pengamanan dan kesinambungan terhadap data elektronik yang dimanfaatkan lintas bidang pada Dinas.
  • menghimpun bahan, melaksanakan koordinasi, dan menyusun program kerja tahunan statistik sektoral bidang survey.
  • menghimpun bahan, melaksanakan koordinasi, dan menyusun metode survey dan petunjuk teknis pelaksanaan survey.
  • menyusun rencana pelaksanaan kegiatan survei bidang TIK, sosial, ekonomi, dan polhukam.
  • melaksanakan kegiatan survey :.
    • Survei bidang sosial.
    • Survei bidang TIK.
    • Survei bidang ekonomi.
    • Survei bidang politik, hukum dan HAM.
    • Kompilasi produk administrasi bidang sosial.
    • Kompilasi produk administrasi bidang ekonomi.
    • Kompilasi produk administrasi bidang politik, hukum dan HAM.
  • membuat laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya.
  • melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan. dan
  • melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Fungsi

-

Seksi Monitoring dan Evaluasi

Tugas

Seksi Monitoring dan Evaluasi mempunyai tugas:

  • Menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya.
  • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis berkaitan bidang tugasnya.
  • Merencanakan dan melakukan menitoring pelaksanaan survei bidang TIK, sosial, ekonomi, puljumkam untuk menjadi bahan masu- kan dan perbaikan kegiatan survei pada masa akan datang.
  • Membantu melakukan evaluasi pelaksanaan survei bidang TIK, sosial, ekonomi, polhumkam untuk menjadi bahan masukan dan perbaikan kegiatan survei pada masa akan datang.
  • Mempersiapkan bahan laporan menitoring dan evaluasi pelak- sanaan survei bidang TIK, sosial, ekonomi, dan polhumkam untuk menjadi bahan masukan dan perbaikan kegiatan survei pada masa akan datang.
  • Merencanakan dan membuat analisa peniliaan dari hasil monev pelaksanaan survey bidang TIK, sosial, ekonomi, dan polhumkam.
  • Memantau, mengevaluasi dan supervisi pelaksanaan kegiatan bidang tugasnya.
  • Membuat laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya.
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan. dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Fungsi

-