Tugas & Fungsi
Bidang Aplikasi dan Layanan E-Government

Tugas Bidang Aplikasi dan Layanan E-Government

Bidang Aplikasi dan Layanan E-Government mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang layanan pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik, spesifik & suplemen yang terintegrasi, penyelenggaraan ekosistem TIK smart city, layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan, penyelenggaraan government chief information officer (GCIO) di Pemerintah Kota, pengembangan sumber daya TIK Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Fungsi Bidang Aplikasi dan Layanan E-Government

Bidang Aplikasi dan Layanan E-Government mempunyai fungsi:

  • Penyusunan dan pelaksanaan rencana program dan kegiatan yang berkaitan tugas dan fungsi.
  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang layanan pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik, spesifik dan suple- men yang terintegrasi, penyelenggaraan ekosistem TIK smart city, layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan, penyelenggaraan government chief informa- tion officer (GCIO), pengembangan sumber daya TIK Pemerintah Daerah.
  • Penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang layanan pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik, spesifik dan suple- men yang terintegrasi, penyelenggaraan ekosistem TIK smart city, layanan nama domain dan sub domainbagi lembaga, pelayanan pub- lik dan kegiatan, penyelenggaraan government chief information of- ficer (GCIO), pengembangan sumber daya TIK Pemerintah Daerah.
  • Penyiapan bahan penyusunan norma, standar, prosedur, dan kri- teria penyelenggaraan di bidang layanan pengembangan dan pen- gelolaan aplikasi generik, spesifik & suplemen yang terintegrasi, pe- nyelenggaraan ekosistem TIK smart city, layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan, penyelenggaraan government chief information officer (GCIO), pengembangan sumber daya TIK Pemerintah Daerah.
  • Penyiapan bahan pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bi- dang layanan pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik, spesifik & suplemen yang terintegrasi, penyelenggaraan ekosistem TIK smart city, layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan, penyelenggaraan government chief information officer (GCIO), pengembangan sumber daya TIK Pemerintah Daerah.
  • Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang layanan pengem- bangan dan pengelolaan aplikasi generik, spesifik & suplemen yang terintegrasi, penyelenggaraan ekosistem TIK smart city, layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegia- tan, penyelenggaraan government chief information officer (GCIO), pengembangan sumber daya TIK Pemerintah Daerah.
  • Pembuatan laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi.
  • Pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintahan dan
  • Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/ pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Seksi Pengembangan Aplikasi

Tugas

Seksi Pengembangan Aplikasi mempunyai tugas:

  • Menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya.
  • Menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan ap- likasi dan pengembangan informatika.
  • Penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria aplikasi dan pengembangan informatika.
  • Pemberian bimbingan teknis dan supervisi aplikasi dan pengem- bangan informatika.
  • Pemantauan, evaluasi dan pelaporan layanan dan pengembangan aplikasi generik, spesifik dan suplemen yang terintegrasi di Pemer- intah Daerah.
  • Menyelenggarakan layanan pengembangan aplikasi pemerintahan dan pelayanan publik yang terintegrasi di Pemerintah Daerah.
  • Memberikan layanan pemeliharaan aplikasi kepemerintahan dan publik.
  • Melaksanakan koordinasi dengan instansi yang terkait.
  • Membuat laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi.
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan. dan
  • Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/ pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Fungsi

-

Seksi Ekosistem TIK

Tugas

Seksi Ekosistem TIK mempunyai tugas:

  • Menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya.
  • Menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang penyelenggaraan ekosistem tik smart city.
  • Melaksanakan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang penyelenggaraan ekosistem tik smart city .
  • Memberian bimbingan teknis dan supervisi.
  • Memantauan, evaluasi dan pelaporan terkait fungsi penyelenggaraan ekosistem tik smart city.
  • Memberikan layanan nama domain dan sub-domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan di Pemerintah Daerah.
  • Menyelenggarakan layanan pengembangan bussines process re-engineering pelayanan di lingkungan pemerintahan dan non pemerintah (stakeholder smart city).
  • Menyelenggarakan layanan sistem informasi smart city.
  • Menyelenggarakan layanan interaktif pemerintah dan masyarakat.
  • Menyelenggarakan layanan penyediaan sarana dan prasarana pengendalian smart city.
  • Menyelenggarakan layanan pendaftaran nama domain dan sub- domain instansi pemerintah untuk kepentingan kelembagaan, layanan publik dan kegiatan pemerintah.
  • Menyelenggarakan layanan peningkatan kapasitas aparatur dalam pengelolaan domain, portal dan website.
  • Melaksanakan pengamanan hardware maupun software terhadap aplikasi yang digunakan lintas bidang pada Dinas.
  • Menetapkan dan mengubah nama pejabat domain, menetapkan mengubah nama domain dan sub-domain, menetapkan tata kelola nama domain, sub-domain di pemerintah kota.
  • Mengkonsultasikan pelaksanaan kebijakan aplikasi.
  • Membuat laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi.
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan. dan
  • Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/ pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan.

Fungsi

-

Seksi Tata Kelola E-Government dan Pengembangan Sumberdaya TIK

Tugas

Seksi Tata Kelola E-Government dan Pengembangan Sumberdaya TIK mempunyai tugas:

  • Menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya.
  • Menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan tata kelola e-government dan pengembangan sumber daya tik.
  • Melaksanakan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang tata kelola e-government dan pengembangan sumber daya TIK.
  • Memberikan bimbingan teknis dan supervisi sumber daya di bidang tata kelola e-government dan pengembangan sumber daya TIK.
  • Melaksanakan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi government chief information officer (gcio).
  • Mengembangkan sumber daya TIK pemerintah dan masyarakat.
  • Menyelenggarakan layanan penetapan regulasi dan kebijakan terpadu implementasi e-government Pemerintah Daerah.
  • . h. menyelenggarakan layanan koordinasi kerjasama lintas organisasi perangkat daerah, lintas Pemerintah Daerah, dan lintas pemerintah pusat serta non pemerintah. i. menyelenggarakan layanan integrasi pengelolaan tik dan e-government Pemerintah Daerah.
  • Menyelenggarakan layanan peningkatan kapasitas aparatur dan sertifikasi teknis bidang TIK.
  • Menyelenggarakan layanan peningkatan kapasitas masyarakat dalam implementasi e-government dan smart city, layanan implementasi e-government dan smart city, promosi pemanfaatan layanan smart city.
  • Melaksanakan koordinasi dengan instansi yang terkait.
  • Membuat laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi.
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan. dan
  • Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/ pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Fungsi

-