Tugas & Fungsi
Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi

Tugas Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi

Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup Pemerintah Daerah, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah, serta pelay- anan informasi publik.

Fungsi Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi

Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi mempunyai fungsi:

  • Penyusunan dan pelaksanaan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya.
  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang pengelolaan dan layanan informasi di lingkup Pemerintah Daerah, pengelolaan infor- masi untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah, serta pelayanan informasi publik.
  • Penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan dan layanan informasi di lingkup Pemerintah Daerah, pengelolaan infor- masi untuk mendukung.
  • Penyiapan bahan penyusunan norma, standar, prosedur, dan krite- ria penyelenggaraan di bidang pengelolaan dan layanan informasi di lingkup Pemerintah Daerah, pengelolaan informasi untuk mendukung.
  • Kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah, serta pelayanan informasi publik.
  • Penyiapan bahan pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pengelolaan dan layanan informasi di lingkup Pemerintah Daerah, pen- gelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah, serta pelayanan informasi publik.
  • Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengelolaan dan lay- anan informasi di lingkup Pemerintah Daerah, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah, serta pe- layanan informasi publik.
  • Pembuatan laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi.
  • Pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintahan dan
  • Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/ pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Seksi Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik

Tugas

Seksi Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik mempunyai tugas:

  • Menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya.
  • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan operasional di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup Pemerintah Daerah.
  • Melaksanakan kebijakan operasional di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup Pemerintah Daerah.
  • Menyelenggarakan layanan monitoring isu publik di media (media massa dan sosial).
  • Melaksanakan pengumpulan pendapat umum (survey/jajak pendapat).
  • Mengolah aduan masyarakat.
  • Memberikan bimbingan teknis dan supervisi di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup Pemerintah Daerah.
  • Memantau, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup pemerintah daerah.
  • Membuat laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi.
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan. dan
  • Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/ pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Fungsi

-

Seksi Pengelolaan Data Informasi Publik

Tugas

Seksi Pengelolaan Data Informasi Publik mempunyai tugas:

  • Menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya.
  • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan operasional di bidang pengelolaan data informasi publik untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah.
  • Melaksanakan kebijakan operasional di bidang pengelolaan data informasi publik untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah.
  • Melaksanakan layanan pemantauan tema komunikasi publik lintas sektoral lingkup nasional dan Pemerintah Daerah.
  • Mengolah dan menganalisis data informasi untuk mendukung komunikasi publik lintas sektoral lingkup nasional dan Daerah.
  • Memberikan bimbingan teknis dan supervisi pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah.
  • Memantau, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan kebijakan operasional dibidang pengelolaan data informasi publik untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah.
  • Membuat laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi.
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan. dan
  • Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/ pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan.

Fungsi

-

Seksi Pelayanan Informasi dan PPID

Tugas

Seksi Pelayanan Informasi dan PPID mempunyai tugas:

  • Menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya.
  • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan operasional di bidang pelayanan informasi publik dan PPID.
  • Melaksanakan kebijakan operasional di bidang pelayanan informasi publik dan PPID.
  • Melaksanakan layanan pelayanan informasi publik dan PPID.
  • Melaksanakan layanan pengaduan masyarakat.
  • Memberikan bimbingan teknis dan supervisi pelayanan informasi publik dan PPID.
  • Memantau, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang pelayanan informasi publik dan PPID.
  • Membangun, mengembangkan, memelihara serta mengevaluasi aplikasi dalam pelayanan informasi publik dan PPID.
  • Membuat laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi.
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan. dan
  • Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/ pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Fungsi

-