TOP NEWS

Top

Wakil Wali Kota Samarinda Dr. Rusmadi Lakukan Best Pratice Sharing dengan BPJS Kesehatan

Wakil Wali Kota Samarinda Dr. Rusmadi Lakukan Best Pratice Sharing dengan BPJS Kesehatan

SAMARINDA.KOMINFONEWS - Wakil Walikota Samarinda Dr. H. Rusmadi menghadiri pertemuan Best Practice Sharing (BPS) dengan Audiensi Kantor BPJS Kesehatan & BPJS Kesehatan Cabang Samarinda memalui virtual di ruang Command Center (CC) Diskominfo Kota Samarinda. Rabu (12/10/2022) pagi.

Turut mendampingi  Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat  kota Samarinda Isfihani, kepala dinas BPJS kota Samarinda Mangisi Raja Simarmata, lurah Sungai Keledang Rahmadi.

Mahlil Ruby direktur perencanaan pengembangan dan managemen Resiko menyampaikan bahwa JKN ini merupakan salah satu instrumen   negara untuk mensejahterakan rakyat,. oleh karena itu tidak ada rakyat yang tertinggal atau tercakup dalam kepesertaan JKN. "jelas pada sambutannya.


Dengan harapan dengan menjadi peserta JKN, maka selurus peserta dapat mengakses pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan medis apabila di butuhkan, Karena ini salah satu instrumen dari kesejahteraan suatu bangsa Indonesia maka diupayakan seluruh  rakyat masuk menjadi peserta JKN, yang seharusnya pada tahun 2024 mencapai  98 %  sebagai tercantum dalam RPJMN 2019-2024.

Namun BPJS tidak dapat bekerja sendiri untuk mencakup seluruh masyarakat, oleh karena itu untuk meraih kesuksesan itu BPJS bekerja sama dengan pemerintah daerah yang lebih tau kondisi masyaraktnya. "tambahannya.

Wakil Walikota Samarinda Dr. H. Rusmadi sampaikan terkait sinergitas program pembangunan dan perdayaan masyarakat (Probebaya)  dengan program jaminan kesehatan nasional (JKN).


Kita memahami kebutuhan masyarakat khususnya di bidang kesehatan yang merupakan urusan wajib bagi pemerintah kota dan kita pastikan apabila warga sakit mendapatkan pelayanan yang berkualitas dan selaras dengan visi kota Samarinda yang ingin menjadikan samarinda.menjadi kota peradaban.

Dimana Probebaya ini merupakan salah satu program unggulan yang bisa di sinergikan dengan upaya untuk mencapai  Universal Health Coverage (UHC).

Probebaya ini selain di bidang fisik dan pendidikan juga di bidang kesehatan di masyarakat yang paling rendah di Rukun tetangga."tutur Rusmadi.

Pemerintah Kota menjamin ketidak kekhawatiran ketika masyarakat sakit dengan menggunakan anggaran dari Probebaya dengan mengikutsertakan masyarakat yang tidak mempunyai BPJS kesehatan. (Eko/kmf-smr).