TOP NEWS

Top

Rusmadi Ajak Anak-Anak Gemar Makan Ikan untuk Mencegah Stunting

Rusmadi Ajak Anak-Anak Gemar Makan Ikan untuk Mencegah Stunting

SAMARINDA.KOMINFONEWS -  Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Perikanan kota Samarinda menggelar Gerakan Memasyarakatkan makan ikan yang dilaksanakan di Aula Pelelangan Ikan jl. Lumba-lumba Samarinda. Kamis (17/11/2022).

Turut hadir pada gerakan memasyarakatkan makan ikan Wakil Wali Kota Samarinda Dr. H. Rusmadi, Kepala KSOP kelasa II Samarinda Letkol MAR. Triayanto, kepala Dinas Perikanan Sam Saimun, Sekretaris Diskominfo  Dian Suhendra, Camat Samarinda Ilir, Ketua TP PKK kota Samarinda Rinda Wahyuni Andi Harun.


Disampaikan kepala dinas perikanan Sam Saimun kegiatan gerakan memasyarakatkan makan  ikan ini sudah dicanangkan sejak tahun 2004 sampai sekarang berjalan secara kontinyu serta menjadi kegiatan pusat singgah ke daerah. "Jelasnya.

Kegiatan ini juga untuk mengkampanyekan manfaat makan ikan sejak dini, karena perlu kandungan gizi pada ikan yang diperlukan untuk kecerdasan pada otak serta mencegah Stunting pada balita. "tambahnya.


Kegiatan ini juga dirangkai dengan lomba menu kreasi olahan yang terbuat dari ikan tongkol dan ikan patin yang terbagi 3 katagori diantaranya menu keluarga, menu balita dan menu kudapan yang diikuti oleh 10 kecamatan di Samarinda, 9 kantin sekolah.

Pada sambutan Wakil Wali Kota Samarinda Dr. H. Rusmadi sampaikan kegiatan semacam ini jangan sampai berhenti dan harus dilakukan secara periodik karena memasyarakatkan makan ikan sangat baik bukan hanya untuk orang dewasa namun untuk balita.


Ikan merupakan sumber protein yang sangat besar untuk kecukupan gizi untuk tumbuh kembang terutama untuk anak-anak dan balita agar dapat mencegah Stunting."ucapnya.

"Dengan adanya lomba kreasi menu olahan berbahan ikan dapat membuat ibu-ibu berkreasi mengolah kudapan berbahan ikan agar anak-anak kita gemar memakan ikan."tutupnya.(Eko/kmf-smr)