TOP NEWS

Top

Bertemu Pimpinan Taspen, Wawali Apresiasi Program Braight Life Hingga CSR

Bertemu Pimpinan Taspen, Wawali Apresiasi Program Braight Life Hingga CSR

SAMARINDA.KOMINFONEWS-Wakil Wali kota Samarinda Dr H Rusmadi menerima kunjungan silaturahmi manajemen dan pimpinan  PT Taspen (Persero) melalui Kantor Cabang Samarinda, Senin (13/6/2022) sore di gedung Balai Kota.

Kunjungan anak perusahan BUMN ini untuk mensosialisasikan program layanan Taspen Braight Life berupa layanan penambahan manfaat jaminan kematian bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dimana menurut Branch Manager PT Taspen Samarinda Yunia Eko Pramono, sudah ada kesepakatan antara pihaknya dan Pemkot Samarinda untuk mensosialiasikan program tadi di lingkungan para pegawai.

“Saat ini tengah tahap pengumpulan data nama pegawai yang dikoordinir masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Baru Dinas Kominfo dan Kecamatan Sungai Kunjang yang sudah mengumpulkan data pegawainya,” tuturnya.

Dia menjelaskan, nantinya ada iuran yang dikenakan setiap pegawai apabila mengikuti program layanan tadi. Nominalnya sebesar Rp 100 ribu setiap pegawai yang dipotong melalui auto debit rekening gaji ASN.

“Ini sifatnya lebih ke individu, karena dari jumlah yang disetorkan tadi akan kita kembalikan lagi sebagai layanan perlindungan maksimal untuk keluarga dalam perencanaan keuangan terhadap risiko yang mengakibatkan meninggal dunia maupun penyakit kritis,” urainya.


Selain tambah dia, PT Taspen juga memiliki program CSR dalam mendukung program pemerintah seperti ikut membangun taman kota dan peduli terhadap pengembangan pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Samarinda melalui membantu modal usaha.

“Jika ada ASN yang mempunyai usaha, kita siap bantu dari segi permodalan. Kalau bisa untuk ASN yang sudah masuk pra purna tugas,” pintanya.

Sementara, Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi, menyambut baik upaya Taspen melalui program Taspen Braight Life dalam menambah program layanan kepada ASN di lingkungan Pemkot Samarinda.

“Kebetulan saya ini bagian dari customer Taspen. Dimana 30 tahun mengabdi sebagai ASN, 20 tahun di Unmul dan 20 tahun di Pemprov Kaltim,” kata Wawali.

Menurut Rusmadi, program yang ditawarkan oleh Taspen tadi sebenarnya memberikan manfaat besar bagi ASN. Seharusnya pegawai tidak perlu khawatir jika setiap bulan gajinya harus dipotong untuk mendukung program tadi.

“Tapi karena pelayanan ini tidak diatur dalam undang-undang maka kita kembalikan lagi kepada pegawai kesediaannya untuk mengikuti program yang dimaksud. Saran saya kalau bisa ada peraturan dari pusat yang mengatur untuk program ini sehingga bisa diikuti oleh seluruh pegawai,” sarannya.

Tak itu saja, mantan Sekdaprov Kaltim Ini juga mengapresiasikan langkah Taspen yang telah berkontribusi dalam mendukung program Pemerintah. Karena dikepemimpinan Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun bersama dirinya, Pemkot tengah berbenah untuk mewujudkan Samarinda sebagai kota pusat peradaban. Sehingga pentingnya mitra pemerintah untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan kota. (CHA/DON/KMF-SMD)