14 Desember 2022
1248
Si Pahit Disdukcapil Samarinda Inovasi Terbaik II Pepes Ikan Peda Kaltim

SAMARINDA.KOMINFONEWS – Pemerintah Kota Samarinda kembali mengukir prestasi. Setelah Senin (12/12/2022) lalu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Samarinda meraih penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM dari Menkum dan HAM RI, dan Penghargaan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima diraih DPMPTS dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Samarinda dari MenPAN RB, kembali Rabu (14/12/2021) hari ini Disdukcapil Samarinda kembali mengukir prestasi di ajang Penjaringan Peserta Inovasi dan Kreativitas Pelayanan Perangkat Daerah (Pepes Ikan Peda) Provinsi Kaltim dan Kabupaten/kota se Kaltim tahun 2022.
Penghargaan langsung diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim Sri Wahyuni kepada Plh Sekda Kota Samarinda Marnabas Patiroy di Hotel Mercure Samarinda.
Pada tahun lalu, dalam ajang Pepes Ikan Peda, dua inovasi dari kota Samarinda berhasil menyabet penghargaan. Masing-masing dari Diskominfo kota Samarinda dengan inovasi Samarinda Siaga 112 dan Disdukcapil kota Samarinda melalui inovasi Pelayanan Dokumen Langsung Antar Kerjasama Disabilitas (Pak Dola Kadis).
Kali ini pada ajang yang sama di tahun 2022, Disdukcapil Samarinda kembali mendapat penghargaan terbaik II dengan inovasi Si Pahit alias Sistem Pelayanan Hitungan Menit.
“Tentunya dengan penghargaan yang diterima ini, akan menjadi pemicu motivasi bagi kita semua untuk terus melakukan yang terbaik demi kemajuan pembangunan tanpa terkecuali pelayanan terbaik bagi masyarakat dengan mengusung semangat perubahan. Teruslah berinovasi dan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik seperti yang diharapkan di era kepemimpinan Bapak Andi Harun bersama Pak Rusmadi,” ucap Marnabas.
Sementara Kepala Disdukcapil Kota Samarinda Abdullah mengatakan inovasi yang dilakukan merupakan bentuk pelayanan Pemkot Samarinda dalam memberikan kemudahan bagi warga Samarinda seperti yang diharapkan Wali Kota maupun Wakil Wali Kota.
“Tiap tahun kita akan terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga. Karena pelayanan yang baik merupakan wajah baik juga bagi pemerintahan. Alhamdulillah jika tahun lalu inovasi Pak Dola Kadis, tahun ini inovasi Si Pahit,” ucap Abdullah.
Abdullah mengatakan melalui inovasi Si Pahit ini akan semakin memberikan kenyamanan dan membahagiakan masyarakat karena mereka berusaha maksimal memberikan layanan dalam hitungan menit tanpa harus menunggu lama.
“Tentunya harapan kita Si Pahit ini akan menjadi kopi pahit bagi para calo sehingga melalui sistem secara tak langsung bisa membasmi pungli,” pungkas Abdullah.(DON/KMF-SMR/DOK:FER)