TOP NEWS

Top

Bupati Bojonegoro Puji Pampang Sebagai Sektor Budaya Strategis

Bupati Bojonegoro Puji Pampang Sebagai Sektor Budaya Strategis

SAMARINDA.KOMINFONEWS - Pemkot Samarinda kedatangan tamu dari Pemkab Bojonegoro, Jawa Timur. Rombongan langsung dipimpin oleh Bupati Bojonegoro, Anna Mua'wanah. Dalam pertemuan yang di gelar di ruang rapat Karangasan pada Kamis (23/06/2022) tersebut berlangsung sedikit santai dan dipenuhi canda tawa.

Wakil Wali Kota Samarinda, Dr H Rusmadi pun menyambut baik kedatangan rombongan bupati di salah satu Kabupaten di Jawa Timur tersebut. Dia mengaku senang dan berharap bisa saling bertukar pikiran demi kemajuab daerah.

"Kami sangat senang sudah di datangi oleh teman teman dari Kabupaten Bojonegoro. Semoga bisa saling bersinergi dan bertukar pikiran untuk memajukan daerahnya, entah itu dari sektor pendidikan, pariwisata, olahraga dan banyak yang lainnya". Ucap Rusmadi.


Sementara Bupati Bojonegoro, Anna Mua'wanah pun mengungkapkan kekagumannya dengan ciri khas Pampang sebagai Sektor Pariwisata.

"Jepang mempunyai Kimono, hanya sebagian pakaian. Kota Samarinda mempunyai Pampang sebagai tujuan wisata dengan kearifan lokal Dayaknya," ujat Anna.

Menurutnya budaya yang sangat kental tersebut bisa sangat maju, baik dari segi pakaiannya, fisik seperti telinga panjang khas suku Dayak, maupun pernak-pernik lain yang semuanya itu harus dijaga.


"Kalau perlu diberi tempat khusus buat para generasi muda yang ingin melestarikan telinga panjang tersebut, agar tidak dibully oleh generasi modern." Imbuhnya.

Ide itu tampaknya timbul ketika mendengar pengakuan sebagian warga  yang memutuskan untuk memotong telinga mereka yang sudah panjang karena ingin menyesuaikan diri dengan kondisi kehidupan modern saat ini. (THR/ASYA/KMF-SMR)