TOP NEWS

Top

Bentuk Tim Teknis Lewat Forum TPAKD, Pemkot Samarinda Bakal Kucurkan Kredit Usaha Bagi UKM Bunga Nol Persen

Bentuk Tim Teknis Lewat Forum TPAKD, Pemkot Samarinda Bakal Kucurkan Kredit Usaha Bagi UKM Bunga Nol Persen

SAMARINDA.KOMINFONEWS-Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda tengah menyusun pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). Inisiatif pembentukan TPAKD ini sendiri dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan untuk meningkatkan percepatan akses keuangan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

Kini rancangan SK tim inti yang diketuai oleh Sekeretaris Daerah Kota Samarinda sudah terbentuk. Tahap awal, Pemkot Samarinda juga tengah menyusun tim teknis melalui rapat yang berlangsung Senin (15/8/2022) pagi di gedung Balai Kota.

Plt Asisten II Sekretariat Kota Samarinda Sam Saimun, dalam arahannya mengatakan pembentukan forum ini tadi sebenarnya untuk mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya melalui memberikan kredit atau pembiayaan kepada pelaku usaha kecil menengah (UKM) melalui dana pemerintah yang mengendap di bank daerah.

“Harapan pak Wali Kota, agar dana APBD kita juga bisa dinikmati warga Samarinda melalui suntikan dana untuk pelaku usaha,”ujarnya.

Oleh karenanya, penting dalam rapat pagi itu menurut Saimun yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perikanan Samarinda, untuk segera membentuk tim teknis agar optimalisasi potensi sumber dana di daerah bisa betul-betul berjalan. Karena tim teknis nanti bertugas untuk melakukan seleksi dan menilai terhadap model bisnis apa yang perlu dibantu dalam memberikan pembiayaan modal usaha nanti. Dan tim ini pun hanya sekedar memberikan rekomendasi saja.


“Sedangankan untuk penyaluran modal sendiri tetap masuk diranah Bank, intinya

niatan pemerintahan kota Samarinda ini sangat baik dalam menciptakan 10 ribu pelaku wirausaha baru tanpa harus terjerat para rentenir. Semoga sinergi yang positif antara pemangku kepentingan di daerah seperti OPD, OJK dan Bank Kaltimtara untuk menopang pertumbuhan ekonomi bisa terwujud dalam mensejahterakan warga kota,”sebutnya.

Sementara, Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Kota Samarinda, Yuyum Puspitaningrum menambahkan untuk mendukung forum tadi Pemkot sendiri telah memberikan penambahan modal untuk Bank Kaltimtara melalui APBD perubahan 2022 sebesar Rp 15 miliar.

Dimana jelas dia, dari dana tadi, nilai bunga  dari pembiayaan yang berikan kepada UKM sebesar nol persen. “Tetapi tetap ada uang jaminan sebasar 5 persen dari total besaran pinjaman yang diberikan sebagai dana administrasi,”kata Yuyum.

Besaran pinjaman pun sambung Yuyum, juga diberikan bervariatif kepada dua kategori untuk pelaku usaha, baik untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) maupun Wira usaha baru (star up) mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 25 juta. 

Untuk itu agar perputaran dana pembiayaan yang diberikan kepada UKM bisa berjalan baik, maka penting bagi tim teknis nanti agar selektif mengidentifikasi dan memverifikasi dalam memberikan rekomendasi kepada pelaku usaha yang berpotensi dalam pengembangan usahanya.(CHA/KMF-SMR)