TOP NEWS

Top

Andi Harun Kumpulkan Pejabat, Beri “Wejangan” Sebelum Menyusun APBD 2023

Andi Harun Kumpulkan Pejabat, Beri “Wejangan” Sebelum Menyusun APBD 2023

SAMARINDA.KOMINFONEWS – Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun mengumpulkan seluruh kepala perangkat daerah hingga camat dan lurah se kota Samarinda untuk menyampaikan beberapa poin penting sebelum menyusun APBD Pemkot Samarinda tahun 2023.

Rapat koordinasi Pemkot Samarinda ini langsung dipimpin Wali Kota didampingi Wakil Wali kota Samarinda Dr H Rusmadi dan Sekretaris Daerah (Sekda) kota H Hero Mardanus Satyawan, yang dihadiri mulai para Asisten, staf ahli, kepala perangkat daerah, dan kepala bagian sekretariat daerah kota serta ketua Tim Wali Kota untuk Akselerasi Pembangunan (TWAP) kota Samarinda Syaparudin dan anggota di ruang Mangkupelas Balaikota, sementara Camat dan Lurah mengikuti secara virtual zoom, Selasa (18/10/2022).

“Rapat hari ini bukan yang pertama kali. Setiap kali mau menyusun APBD selalu saya kumpulkan pejabat agar anggaran bisa tepat sasaran dan lebih produktif. Jadi bukan membatasi teman-teman dalam menyusun program,” ungkap Andi Harun mengawali rakor.


Andi Harun mengatakan beberapa catatan penting dalam penyusunan APBD, diantaranya yang pertama disusun berdasarkan arahan dan sinkronisasi yang menjadi isu nasional.

“Program yang disusun masing-masing OPD harus sesuai visi misi dan terhubung dengan program pemkot, wali kota dan wakil wali kota. Misalnya seperti program Pro Bebaya yang menjadi program prioritas,” ucapnya.

Kemudian lanjut Andi Harun kegiatan di dalam program yang disusun itu bisa terukur, bisa dilihat, dan bisa dirasakan dampaknya bagi masyarakat

Di bagian lain Andi Harun mengingatkan agar program Pro Bebaya terus dapat berjalan dengan lancar. “Jangan sampai ada kendala program Pro Bebaya ini. Jika ada kendala segera dicarikan solusinya,” pesan Andi Harun lagi.

Termasuk lanjut Andi Harun program Pro Bebaya di anggaran perubahan senilai Rp 25 juta tiap RT pun harus segera bisa dilaksanakan mengingat waktu sudah mendekati akhir tahun.

Selain persoalan pengentasan kemiskinan, persoalan banjir juga menjadi bahasan dalam rakor ini, yang menjadi ‘PR’ bagi Dinas PUPR kota Samarinda.

Sebelum mengakhiri rakor, Andi Harun berpesan kepada seluruh pejabatnya agar saling menjaga kekompakan, selalu terus kompak dalam melayani rakyat.(DON/KMF-SMR)